Senin, 13 Juni 2011

Tips Ampuh : Obat Rumahan untuk Sakit Telinga










Anda pernah merasakan sakit telinga? Apa pun penyebabnya, sakit telinga membuat menderita. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik dan obat tetes untuk mengobatinya, tetapi Anda bisa mencari cara yang lebih cepat dan efektif untuk meredakan masalah ini. Untungnya, banyak obat rumahan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit telinga.

Sakit telinga dapat disebabkan flu, infeksi, atau karena air masuk ke telinga. Obat-obatan rumah itu akan membantu meredakan sakit telinga dalam beberapa jam. Silakan coba salah satu dari cara berikut. Barangkali ada yang cocok buat Anda.

1. Hidrogen perioksida

Bisa dibeli bebas di apotek. Tanyakan kepada apoteker, dosis yang aman untuk Anda dan juga jenis hidrogen peroksida yang diperuntukkan buat mengobati sakit telinga. Beberapa tetes akan meredakan sakit.

2. Jus bawang bombai

Salah satu obat alami adalah jus bawang bombai. Dua atau tiga tetes sudah cukup untuk menyembuhkan infeksi telinga dan menghilangkan rasa sakit.

3. Minyak wijen, jus mangga.

Menurut situs Yukozimo, jus mangga dapat digunakan untuk menghilangkan sakit telinga. Sayangnya, tidak ada dosis yang disebutkan. Bisa jadi jus mangga yang dipakai tidak sekental jenis minuman. Dua atau tiga tetes sudah cukup untuk sakit telinga.

4. Teteskan air

Kemasukan air ketika mandi biasanya akan menyebabkan telinga tersumbat dan jika dibiarkan akan menyebabkan sakit. Teteskan kembali air ke dalam telinga, biarkan selama beberapa detik dengan kepala dimiringkan agar air tetap di dalam telinga. Setelah telinga terasa hangat, keluarkan air dengan cara memiringkan kepala ke arah berlawanan. Biasanya cara ini efektif untuk mengeluarkan sumbatan air.

5. Kompres dengan air garam

Kompres kain basah yang hangat juga bisa digunakan. Tampaknya sederhana, namun kompres melancarkan sirkulasi sehingga akan melegakan tekanan di sekitar rasa sakit.

Kain untuk kompres juga bisa direndam dalam semangkuk air garam yang hangat. Garam dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh sakit telinga.

6. Vitamin C

Jika sakit telinga disebabkan infeksi, satu dosis vitamin C dapat menghilangkan infeksi dan menambah kekebalan tubuh.

Semoga salah satu cara di atas ada yang sesuai dengan sakit telinga Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar