Rabu, 22 Juni 2011

Peminat Buah Naga di Medan Mulai Meningkat












Medan
. Buah naga atau dikenal dengan nama dragon fruit ini kini mulai membanjiri pasar-pasar tradisional di Kota Medan. Padahal, sebelumnya buah berwarna merah ini hanya bisa ditemukan di pasar-pasar modern.

"Dalam lima bulan terakhir ini mulai banyak yang membeli buah naga ini," kata Iwan, pemilik kios Buah Sagar Jaya di Jalan AR Hakim, Medan, Selasa (21/6).

Dikatakannya, harga buah naga yang dijualnya bervariasi mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per kg. “Awalnya tidak ada yang membeli, namun ketika orang mulai mengerti tentang khasiatnya maka konsumen pun mulai tertarik dan membelinya. Setiap hari saya bisa menjual sekitar 2-3 kotak yang tiap kotaknya berisi 10 buah,” aku Iwan.

Sepengetahuannya, buah naga berkhasiat sebagai obat kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. "Pembeli buah naga didominasi oleh orangtua, umumnya mereka bilang untuk obat, menurunkan kadar kolesterol," ujarnya sembari mengatakan, buah naga yang dijualnya berasal dari China.

Beri, penjual buah naga lainnya mengaku peningkatan permintaan buah naga mulai terlihat sejak lima hingga enam bulan terakhir.

Di kios lain di kawasan Padang Bulan, Medan, Serli mengaku membeli buah naga untuk konsumsi orangtuanya yang menderita kolesterol tinggi. "Saya juga tahu dari dokter dan buku, tentang khasiat buah naga ini,” katanya sembari menunjukkan buah naga yang dibelinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar