Rabu, 15 Juni 2011

Berita Pertanian : Sayur Organik Lokal Menggiurkan










MAKASSAR
. Kebutuhan bahan makanan yang sehat di kalangan masyarakat kelas menengah ke atas mendorong permintaan sayuran organik semakin tinggi. Kebutuhan tersebut kini disuplai Sulsel.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang mengatakan, komoditas ini sangat potensial dikembangkan. "Karena permintaan pasar lokal masih sulit dipenuhi apalagi untuk ekspor," kata Agus usai melakukan panen perdana sayur organik lokal hasil uji coba di Kantor Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel, Selasa 14 Juni.

Permintaan jenis sayuran baik sayur buah dan sayur daun kata Agus kini sangat laris manis. Untuk ritel, super maket saja mereka membutuhkan paling tidak mencapai 6 ton per bulan. Padahal kemampuan petani menyiapkan produksi tidak sampai di angka tersebut.

Hasil panen syaur organik tersebut, kemarin, langsung diserahkan ke Regional Manager Carrefour Makassar-Bali, Jonprayer Naibaho, di outlet sayuran Carrefour Pengayoman Makassar. Hasil panen perdana itu kemudian dipasarkan kepada masyarakat.

Lutfi Halide menambahkan, dalam rangka mengangkat potensi dan mencari pemasaran yang berkualitas, pihaknya mengarah ke komoditas lokal dan ekspor. "Harus ada kelompok tani potensial. Untuk itu kami membentuk klaster-klaster, kemudian membuat semacam asosiasi yang dibina dalam kelompok. Kami melatih petani agar terus berkreasi. Karena potensi pasar sayur ogranik ini sangat besar," tandas Lutfi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar