Selasa, 28 Juni 2011

Seperempat Penduduk Miskin Indonesia Adalah Nelayan










JAKARTA.
Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad seperempat dari total penduduk miskin di Indonesia merupakan kelompok dan keluarga nelayan tradisional di pesisir pantai.

"Jumlah mereka (nelayan miskin dan anggota keluarganya) di pesisir sebanyak 7,87 juta orang atau 25,14 persen dari total penduduk miskin nasional sebanyak 31,02 juta orang," kata Fadel di Gedung Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Jakarta, Selasa (28/6).

Fadel memaparkan, jumlah 7,87 juta orang tersebut berasal dari sekitar 10.600 desa nelayan yang terdapat di kawasan pesisir di berbagai daerah di Tanah Air. Sebagai perbandingan, jumlah desa miskin sebanyak 28.258 desa dari keseluruhan 73.067 desa di Indonesia.

Untuk itu, ujar dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga telah menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2011 tentang Tim Koordinasi Peningkatan dan Perluasan Program Pro-Rakyat.

Dalam Keppres tersebut, Fadel sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ditampuk sebagai koordinator untuk mengarahkan berbagai program pengentasan kemiskinan di daerah pesisir.

Ia mengemukakan, melalui aturan ini diharapkan pendapatan nelayan dan usaha perikanan dapat ditingkatkan, serta mampu meningkatkan ketahanan pangan berbasis sumber daya ikan. Selian itu, diharapkan juga dapat mengembangkan kegiatan ekonomi yang berbasis kepada usaha perikanan rakyat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar