Senin, 20 Juni 2011

Berita Pertanian : Kacang Hijau, Alternatif Petani Barumum Saat Musim Kemarau

Padang Lawas. Pasca musim panen padi, para petani di wilayah Kecamatan Barumun Tengah (Barteng) Kabupaten Padang Lawas memanfaatkan lahan pertanian padinya untuk menanam kacang hijau. Hal itu dilakukan dengan harapan dapat membantu perekonomian petani.

“Saat musim hujan, kami akan menanam padi dan saat musim kemarau, seperti sekarang ini kami memilih untuk menanam kacang hijau,” kata Kepala Desa (Kades) Parannapa Jae Kecamatan Barumun Tengah (Barteng), Ali Kahar Pohan, Minggu (19/6).

Dikatakannya, karena iklim yang tidak menentu di musim kemarau, petani di daerah ini mencari alternatif tanaman lain yang bisa ditanam selain padi. Di Kecamatan Barteng, lebih dari 1.000 hektare areal persawahan masyarakat, dimana mayoritas selama ini, jika musim kemarau tiba, sekitar 60% dari areal yang ada akan ditanam kacang hijau dan jenis tanaman muda lainnya seperti jagung.

“Bukan hanya seorang petani, umumnya seluruh petani di Barteng melakukan pergantian jenis tanaman padi ke tanaman kacang karena tanaman ini sangat cocok dengan kondisi cuaca saat ini,” jelasnya.

Jadi lanjut Ali Kahar, selain tanaman ini mudah ditanam, usianya juga pas diprediksi pada bulan Oktober mendatang sudah mulai musim hujan dan kacang hijau sudah panen.

Zulkifli Hasibuan(45), petani lainnya mengatakan, usai musim panen padi warga langsung menanam kacang hijau. “Ini sudah kebiasaan masyarakat di Desa Gading, usai musim panen langsung tanam tanam kacang hijau,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar