Rabu, 22 Juni 2011

Berita Pertanian : Pemkot Balikpapan Pusatkan Usaha Tahu/Tempe di Karingau












BALIKPAPAN.
Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menghentikan izin pembangunan usaha tahu/tempe di luar wilayah kawasan Industri Karingau (KIK). Hal ini dilakukan untuk menghindari pencemaran lingkungan sekitar akibat limbah yang dihasilkan.

"Mulai tahun ini tidak ada izin usaha tahu/tempe di luar kawasan Karingau. Ini dilakukan untuk memusatkan kegiatan industri di KIK," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto, Rabu (22/6).

Dia mengatakan tahun ini juga akan dilakukan pendataan ulang jumlah usaha tahu/tempe yang ada di Kota Balikpapan. Hal ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti program relokasi seluruh usaha tahu/tempe Karingau yang sudah diprogramkan sejak 2005 lalu.

Dari jumlah 136 usaha tahu/tempe baru sekitar 70 yang sudah berpindah ke Karingau. "Semuanya akan ditempatkan di KIK, dan mulai tahun ini akan dilakukan relokasi," tuturnya.

Kepala Disperindakop Balikpapan Achmad Ilhamsyah mengatakan pihkanya telah memberikan batas waktu kepada pngusaha tahu/tempe pindah ke Karingau hingga Juli. "Kita Masih koordinasi dengan instansi terkait, untuk kita tindak lanjuti dan kita kasih waktu hingga Juli, sebagai upaya dalam meminimalisir pencemaran lingkungan di kawasan padat pemukiman warga," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar