Minggu, 26 Juni 2011

Berita Pertanian : Dipertanyakan, Rencana Pemerintah Buka Impor Udang











JAKARTA.
Rencana pemerintah yang akan membuka kembali impor udang dipertanyakan banyak pihak karena akan menimbulkan berbagai persoalan.

"Dibukanya keran impor udang justru dikhawatirkan akan memunculkan persoalan baru bagi industri perudangan Indonesia yang saat ini sedang beranjak naik dari keterpurukan," kata Bambang Widigdo, Ketua Komisi Udang Indonesia (KUI), di Jakarta, Minggu (26/6).

Dia mengingatkan pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya reekspor atas udang yang diimpor serta mempertimbangkan secara mendalam atas beberapa hal seperti traceability, keamanan produk, dan penyakit sebelum memutuskan untuk melakukan impor udang.

Dari aspek perdagangan internasional, saat ini negara pengimpor udang semakin memperketat aturan terkait dengan jaminan keamanan produk terutama penggunaan bahan kimia berbahaya.

Untuk mendapatkan rasa aman bagi konsumen, mereka menginginkan informasi lengkap melalui traceability yang dapat menelusuri semua perlakuan terhadap asal muasal udang sejak masih dari pembibitan, proses budi daya, hingga pada proses pengolahan.

Terkait keamanan produk, Bambang mengingatkan sejak beberapa tahun terakhir ini pemerintah Indonesia telah diwajibkan oleh Uni Eropa untuk melakukan monitoring terhadap residu bahan kimia akibat pernah ditemukannya bahan kimia berbahaya.

"Jika saja ada udang yang diimpor kemudian diekspor lagi, apakah kita bisa menjamin bahwa udang tersebut bebas dari bahan kimia terlarang," kata Bambang. (ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar