Selasa, 28 Juni 2011

Berita Pertanian : Kawanan Monyet di Lebak Rusak Kebun Warga












LEBAK.
Kawanan monyet di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, selama dua pekan terakhir merusak kebun milik warga. Kawanan monyet masuk ke desa karena diduga ketersediaan makanan mereka menipis di habitatnya.

"Kami tidak menyangka monyet itu merusak tanaman kacang tanah dan pisang. Mungkin karena makanan di habitatnya menipis," kata Mimin (45) warga Curug Lebak, Desa Cimangenteung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Selasa (28/6).

"Apabila mereka dibiarkan, dipastikan akan lebih banyak tanaman milik warga yang rusak seperti pisang, jagung, pepaya, kacang, dan singkong," katanya.

Menurut dia, diperkirakan jumlahnya populasi monyet mencapai ratusan yang menyerang perkebunan warga. Saat ini, kata dia, warga mengalami kerugian akibat kerusakan tanaman tersebut. "Semestinya, kami sudah memanen kacang tanah, namun kini rusak akibat dimakan monyet," katanya.

Begitu pula Pardi (50) seorang petani mengaku serangan monyet ke perkebunan itu membuat warga khawatir karena tanamannya rusak dan tidak bisa dipanen.

Sebetulnya, kata dia, satwa kera itu sudah lama mengganggu dan merusak tanaman warga, namun serangan mereka tidak sebringas sekarang karena tingkat kerusakannya lebih parah. "Kami tidak berani membunuh karena binatang itu dilindungi pemerintah," katanya menjelaskan.

Kepala Bidang Produksi Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebak Asep Mauladi mengaku pihaknya akan meninjau ke lokasi populasi monyet yang merusak tanaman milik warga. "Kami dalam waktu dekat ini akan berupaya menyelamatkan populasi monyet itu agar tidak punah," katanya.(ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar