Kamis, 10 Maret 2011

Berita Pertanian : Pestisida Dikaitkan dengan Penyakit Parkinsons












SEBUAH penelitian AS menemukan orang-orang yang menggunakan dua jenis pestisida khusus berpeluang 2,5 kali lipat terserang penyakit Parkinson’s.

Pestisida, paraquat dan rotenone, tidak boleh digunakan di rumah dan kebun. Riset terdahulu terhadap binatang mengaitkan paraquat dengan penyakit Parkinson’s, karena itu racun tersebut dibatasi penggunaannya. Rotenone disetujui hanya untuk digunakan membunuh species ikan penyerbu.

“Rotenone secara langsung mengganggu fungsi mitochondria, struktur yang bertanggungjawab membuat energi dalam sel,” ujar wakil ketua tim studi Freya Kamel, periset dari National Institute of Environmental Health Sciences. “Paraquat meningkatkan produksi derivatif oksigen tertentu yang bisa merusak struktur sel. Orang yang menggunakan pestisida ini atau lainnya dengan mekanisme aksi serupa berpeluang lebih besar menderita penyakit Parkinson’s.”

Riset tadi meneliti 110 orang penderita Parkinson’s dan 358 orang yang masuk kelompok kontrol dari studi Farming and Movement Evalution (FAME). FAME merupakan bagian penelitian lebih besar Agricultural Health Study yang meneliti kesehatan sekira 90.000 aplikator pestisida berizin dan pasangan mereka. Hasil penelitian itu disiarkan dalam Jurnal Environmental Health Perspectives beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar