Senin, 14 Maret 2011

Peluang Usaha Pertanian : Sukses Beternak Bibit Lele, Omzet Rp. 62 Juta Per Bulan

PEMBIBITAN - Wahyu Tejo menunjukan anakan lele usia 3 minggu yang siap dijual di kolam miliknya, Desa Maguan, Ngajum, Kabupaten Malang, Kamis (10/3). Di Desa Maguan terdapat 50 petani pembibitan lele dengan omzet jualnya 61,5 juta per bulan.

NGAJUM. Meski terdengar remeh, beternak bibit lele membawa untung berlipat. Hal ini dibuktikan oleh para peternak bibit lele di Desa Maguwan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Omzet perbulan usaha ini, tak kurang dari Rp 62,5 Juta. Menarik bukan?

Di Desa Maguan, memang dikenal sebagai sentra bibit lele di Kabupaten Malang.

Kenapa bukan lele konsumsi? Wahyu Tejo, salah satu petani lele beralasan lebih menguntungkan menjual bibit lele dibandingkan jika menjual lele konsumsi. “Sebab bibit lele berusia sebulan yang memiliki ukuran 3-5 cm sudah bisa dijual dengan harga lumayan,” jelas Wahyu sambil memperlihatkan bibit-bibit lele di kolam miliknya.

Dijelaskan, bibit lele ukuran 3 cm per 1.000 ekor dijual Rp 50.000. Sementara ukuran 4 cm, bisa laku Rp 60.000 per 1.000 ekor, dan ukuran 5 cm, dijual Rp 80.000 per 1.000 ekor.

Ia membandingkan jika menjual lele konsumsi, memerlukan waktu lebih lama untuk pemeliharaan dan ongkos besar untuk pakan, harga laku dijual Rp 10.000 per kg-nya.

Dijelaskan Wahyu, menjual bibit lele lebih menguntungkan karena indukan lele sangat produktif. Satu lele indukan, lanjutnya, mampu melahirkan 80.000 hingga 120.000 anakan. Indukan tersebut, rutin bertelur 3-4 bulan sekali. Keuntungan akan menjadi sangat berlipat jika seorang petani memiliki puluhan indukan.

Pembibitan lele ini pun sebenarnya bukan hal sulit. Untuk membiakan, hanya membutuhan kolam-kolam pembiakan. Kolam dilapisi plastik terpal untuk memudahkan sterilisasi dan pengaturan sirkulasi udara. “Biasanya, induk lele kami beri makan ikan mujair atau percil (anak kodok) dan cacing untuk makanan bibit lele,” ujar Wahyu yang memiliki 50 indukan lele dan lima lele pejantan ini.

Meski mengantungi laba besar, peternak bibit lele harus waspada dengan kemungkinan tiba-tiba merugi. Sebab, pertumbuhan bibit lele sangat rentan dengan perubahan cuaca. Saat cuaca tak menentu tersebut, jamur bisa menyerang, dan menyebabkan bibit lele mati. Untuk itu, ketika jamur yang muncul belum banyak, sebaiknya segera diobati.

Pasar bibit lele, selain Malang juga Blitar, Gorontalo, Kalimantan dan Pekanbaru. Omzet petani lele menurut Wahyu diperkirakannya mencapai Rp 62,5 juta per bulan. (surya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar