Senin, 07 Maret 2011

Berita Pertanian : Pasokan Melimpah, Harga Cabai Turun

KALIANDA. Sejumlah harga bumbu masak di bilangan pasar Inpres Kalianda turun.

Cabai, misalnya, pada musim hujan ini dijual Rp32 ribu/kg dari sebelumnya Januari 2011 lalu mencapai Rp50 ribu/kg. Demikian pula harga tomat semula Rp3.000/kg, kini turun menjadi Rp1.000/kg. Sedangkan, harga bawang merah tetap stabil mencapai Rp24 ribu/kg.

Narti (36), pedagang bumbu masak dan sayur-mayur di pasar Inpres Kalianda, Minggu (6-3), mengatakan turunnya harga cabai merah ini karena banyaknya pasokan yang dikirim para pedagang pengumpul dari berbagai daerah di Lampung.

"Karena, stoknya banyak sehingga memengaruhi harga jual komoditas perkebunan itu," kata dia kemarin.

Pasokan berbagai bumbu masak yang dijualnya secara eceran kepada para pembeli, menurut Narti, sebagian barang diperoleh dari sekitaran Kalianda. Namun, banyak juga pasokan barang yang dijual para pedagang di pasar Inpres Kalianda didatangkan dari Lampung Barat dan Bandar Lampung.

"Apabila, musim hujan seperti ini kebutuhan bumbu masak cukup berlimpah stoknya di sejumlah pedagang. Sebab, banyak petani yang panen sayur-sayuran dan berbagai bumbu masak sepeti cabai dan tomat," kata dia.

Hal senada dikatakan pedagang lainnya, Jumirah. Menurut dia, meskipun harga sejumlah bumbu masak turun, minat beli masyarakat tetap stabil. "Kebutuhan bumbu masak, tetap stabil di masyarakat. Kalaupun ada peningkatan, ketika ada masyarakat yang menggelar hajatan baik resepsi pernikahan maupun khitanan," kata Jumirah. (LP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar