Rabu, 11 Mei 2011

Berita Pertanian : Waspada Serangan Tikus Saat Menjelang Panen

WAY JEPARA. Petani padi di Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur, harus meningkatkan antisipasi terhadap hama tikus yang mengancam panen musim ini.

Hal itu dikatakan Koordinator Pelaksana Dinas (KPD) Pertanian dan Hortikultura, Kecamatan Way Jepara, Utara. Dia mengatakan hama yang perlu diantisipasi musim ini adalah hama tikus.

Untuk Kecamatan Way Jepara, kata dia, tanaman padi yang baru berumur dua bulan seluas 1.230 ha. "Tanaman yang baru berumur dua bulan sangat rawan dengan hama tikus," kata Utara.

Yang lebih menghawatirkan, kata dia, di sepanjang pinggiran irigasi Kecamatan Way Jepara dan Kecamatan Brajaselebah mulai dikembangkan tanaman sawit.

Sebenarnya, tanaman sawit yang berdekatan dengan tanaman padi sangat mengkhawatirkan petani. Sebab, dengan adanya tanaman sawit bisa membuat tikus semakin banyak. "Tikus, selain suka memakan buah sawit juga senang membuat sarang di pohon tersebut," kata Utara.

Namun, KPD Pertanian Kecamatan Way Jepara tidak bisa langsung memastikan yang menanam sawit itu pihak Pengairan Umum (PU) Way Jepara atau pihak lain. Yang pasti, tanaman sawit ditanam di lahan PU yang bersebelahan dengan sawah petani. Saat ini tanaman padi sudah berumur dua bulan.

Utara juga mengatakan tanaman sawit memang menguntungkan. “Tapi, buat apa sawit tersebut dikembangkan dalam posisi yang tidak tepat.” Seperti yang ada di pinggiran irigasi yang bergandengan dengan sawah petani.

"Sehingga akan membuat resah petani. Yang pasti petani Desa Labuhanratu Satu banyak yang mengeluh dengan adanya tanaman sawit karena tanaman akan menjadi sarang tikus," kata dia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar