Selasa, 17 Mei 2011

Berita Pertanian : 2011, Sergai Dapat Bantuan BLBU 250 Ton Benih Padi

Medan. Untuk tahun 2011, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali mendapat bantuan langsung benih unggul (BLBU) berupa benih padi sebanyak 250 ton untuk kebutuhan areal seluas 10.000 hektare.

Kepala Cabang (Kacab) PT Pertani Wilayah Sumut, Alhani Yandi didampingi Marketing Development Officer (DPO) PT Pertani Edward Syam, mengatakan, bantuan yang diserahkan di Kabupaten Sergai sesuai dengan surat nomor 75/SHK/SP/2011 tanggal 25 April 2011 yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sergai Setiyarno pada 10 Mei 2011.

"Untuk memenuhi kebutuhan benih tersebut nantinya akan di didistribusikan sampai ke titik bagi yang telah ditentukan oleh BUMN pertanian yaitu PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri (SHS)," ujarnya, Kamis (12/5).

Dikatakannya, adapun varietas padi yang akan diberikan ini ditentukan sendiri oleh Kelompok Tani yang akan menerima yakni ada sekitar tiga varietas sesuai yang dibutuhkan kelompok tani penerima seperti Ciherang, Cibogo dan Mekongga.

Saat ini kata Alhani, PT Pertani (Persero) mulai mendistribusikan benih BLBU ini untuk Kecamatan Tanjung Beringin, Sei Rampah dan Sei Bamban. Luas areal yang mendapat BLBU padi ini sekitar 25% dari areal persawahan yang dimiliki Kabupaten Sergai, yakni 41.057 hektare.

"Seluas 10.000 hektare meliputi 66 desa yang di 14 kecamatan dan melibatkan 400 kelompok tani penerima. Di mana masing-masing desa akan didampingi tenaga penyuluh pertanian yang telah dilatih dan dipersiapkan oleh pemerintah," jelasnya.

Selanjutnya PT Pertani selaku BUMN yang diberikan tugas mendistribusikan benih padi, juga akan membuat beberapa titik demplot sebagai percontohan yang akan dijadikan percontohan bagi petani.
Sementara untuk BLBU padi non hibrida Alhani mengatakan, ada dua kecamatan di Sergai yang tidak mendapatkan bantuan tersebut, yaitu Kecamatan Perbaungan dan Kecamatan Pegajahan. "Ini karena kedua kecamatan tersebut sedang terkena dampak perbaikan saluran irigasi Sungai Ular. Diharapkan pada bulan Oktober 2011 ini pasokan air dari irigasi Sungai Ular segera dapat dinikmati," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar