Selasa, 10 Mei 2011

Berita Pertanian : Masih Ada Panen hingga Juni

Jakarta. Menteri Pertanian (Mentan) Suswono memperkirakan bahwa panen masih akan terjadi hingga Juni 2011, sehingga harga beras kemungkinan masih akan relatif stabil.
"Tidak ada musim tanam yang serentak, Mei hingga Juni ini masih ada
panen, sehingga harga tidak mengalami kenaikan," kata Mentan di Gedung
Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Selasa (10/5).

Ia menyebutkan, saat ini panen tidak berlangsung serentak, sehingga harga gabah di tingkat petani masih di atas harga pembelian pemerintah (HPP). Mentan memprediksi total panen hingga April 2011 telah mencapai sebesar 30 juta ton gabah kering giling (GKG) dari target produksi tahun 2011 sebesar 70,6 juta ton GKG. "Mudah-mudahan target itu bisa tercapai," ucap Mentan, berharap.

Suswono mengungkapkan musim kemarau pertama yang saat ini terjadi masih memiliki potensi bagus dengan iklim yang cocok untuk tanaman padi.

Terkait perluasan lahan pertanian, Suswono mengungkapkan, pada dasarnya Kementerian Kehutanan sudah mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan nasional. "Apalagi kita punya target minimal surplus 10 juta ton dalam lima tahun ke depan," paparnya.

Sementara itu, mengenai kemungkinan adanya kebutuhan tambahan dana subsidi pupuk, Mentan mengatakan, hal itu baru akan diketahui pada akhir tahun. "Ada audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), akan dihitung di akhir tahun apakah ada kekurangan atau tidak dan apakah bisa dibayarkan atau tidak," ujarnya, menambahkan.

Menurut Mentan, jika iklim baik dan kondusif untuk melakukan penanaman padi maka kebutuhan pupuk akan meningkat, sehingga diperkirakan subsidi pupuk juga meningkat. "Ini akan dihitung di akhir tahun, berapa besar kebutuhannya, kalau ada kekurangan akan diupayakan tambahan," kata Suswono. (ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar