Selasa, 24 Mei 2011

Berita Pertanian : Brebes Tuan Rumah Temu Tani Nasional

BREBES. Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Juni 2011 bakal menjadi tuan rumah Temu Tani Nasioanal yang akan membahas berbagai persoalan menyangkut sistem pertanian serta pengembangann--baik secara kedaerahan (lokal)--maupun nasional.

Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Brebes, Ki Ageng Ranggasana kepada Mediaindonesia, Selasa (24/5), mengatakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Temu Tani Nasional akan diselenggarakan pada 15 Juli 2011. Kegiatan tersebut akan membahas program-program strategis yang selama ini belum dilaksanakan.

Menurut Rangga, Kabupaten Brebes memiliki potensi pertanian yang sangat baik. Untuk itu, perlu adanya langkah-langkah strategis untuk mengembangkan pertanian di wilayah Brebes.

Sejumlah program yang bakal diusung, antara lain program sejuta itik yang akan di pusatkan di Kecamatan Bulakamba, dan pembentukan badan penyangga distribusi bawang merah nasional. "HKTI akan membeli bawang merah langsung dari petani, dan akan menyalurknnya ke pasar nasional," terangnya.

Selain itu juga akan dilaksanakan program penggemukan sapi sebanyak 20.000 ekor dengan memanfaatkan lahan seluas 500 hektare di Desa Kubangsari, Kecamatan Ketanggungan. "Kami juga akan melaksanakan program tanam jagung di atas lahan pertanian seluas 1.000 hektare di wilayah Larangan dan Ketanggungan," tambahnya.

Tak hanya itu, HKTI juga akan melaksanakan program pabrikasi sampah organik yang akan ditempatkan di wilayah perbatasan Brebes-Tegal. "Program-program tersebut kami harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayah Kabupaten Brebes. Sehingga, beban untuk mengentaskan kemiskinan oleh pemerintah bisa terbantukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar