Selasa, 24 Mei 2011

Berita Pertanian : Takalar Kembangkan Udang Vannamei Organik









MAKASSAR
. Petani di Kabupaten Takalar mulai mengembangkan udang vannamei organik. Uji coba budidaya dilakukan di tambak seluas 70 hektare dan disebari 30 ribu bibit udang. Hasilnya cukup memuaskan hanya dalam waktu dua bulan.

Panen perdana percontohan udang vannamei organik dilakukan oleh binaan Mapasona Sulawesi Selatan, di Kelurahan Lengkese, Takalar, akhir pekan lalu.

Kadir Kelautan dan Perikanan Sulsel, Iskandar yang menghadiri panen perdana mengatakan, percontohan udang vannamei tersebut patut dicontoh. "Ke depannya hal ini akan kita terapkan, apalagi saat ini pasar dunia menginginkan udang yang non kimia," kata Iskandar.

Untuk penyebaran komoditas tersebut, Iskandar mengharapkan pembenihan dilakukan dengan baik. Dia menyerankan petani menerapkan pembibitan udang dengan memberi makanan pelepah batang pisang dicampur pupuk super biota plus. "Kita berharap dengan cara ini mampu mendongkrak produksi udang kita," ucapnya.

Sementara Ketua Mapasona Sulsel Arifin Sarsa mengatakan bahwa produksi udang dengan cara memberi makan batang pelepah pohon ternyata jauh lebih baik dibanding menggunakan pupuk kimia. Mereka telah membuktikannya dengan panen cepat dan hasil melimpah di lahan percontohannya.

"Kalau sebelumnya kita hanya bisa memanen 10 sampai 20 kilogram, dengan pola pembeian makanan dari batang pelepah pisang tersebut, hasilnya bisa sampai 30 kg," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar