Sabtu, 21 Mei 2011

Berita Pertanian : Coke Farm Berdayakan Petani di Medan

Medan. Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) telah meresmikan Coke Farm di Medan untuk memberdayakan petani dengan memanfaatkan lahan tidur di sekitar fasilitas pabrik yang diubah menjadi lahan produktif.

Presiden Direktur CCAI Peter Kelly mengatakan, dengan program Coke Farm yang telah dilaksanakan dari tahun 2009 di Bandung, Jawa Barat ini, diharapkan dapat memberikan kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat sekitar untuk menjadi petani dengan memanfaatkan lahan tidur di area pabrik CCAI.

“Dalam melaksanakan aktivitasnya para petani juga diberikan pelatihan tentang pertanian agar program ini dapat memberikan perbaikan secara ekonomi bagi para petani dan keluarganya," ujar Kelly kepada wartawan, Jumat (20/5).

Dijelaskannya, CCAI memberdayakan para petani melalui Coke Farm ini dengan bertanam sayuran dan juga bibit pohon yang nantinya akan dikontribusikan pada program nasional pemerintah penanaman 1 miliar pohon. "Para petani juga mendapatkan keuntungan dari pembuatan pupuk kompos yang terbuat dari limbah teh dan di beberapa lokasi mereka juga kami latih untuk beternak ikan,“ ucapnya.

Kelly menambahkan, program Coke Farm di Medan ini dimulai sejak Februari 2011 dengan mengubah 372 meter bujur sangkar lahan tidur di sekitar pabrik Medan menjadi lahan produktif. Lahan tersebut telah ditanami dengan tanaman hidroponik, pembuatan kompos dari limbah teh dan bibit tanaman pohon.

Pemilihan teknik hidroponik, lanjut Kelly, lebih menjanjikan hasilnya. Selain itu pihaknya juga memberikan teknik pembuatan kompos dan pembibitan pohon dari beragam jenis pepohonan seperti mahogani, kayu manis, nangka dan durian. "Meski pada awalnya sulit menerapkan teknik hidroponik, namun hasilnya lebih menjanjikan,” imbuhnya.

Di Coke Farm Medan, kata dia, beberapa petani telah dipilih untuk terlibat pada program awal dan telah diberikan pelatihan pertanian oleh beberapa Universitas di Medan. Sejak bulan Januari hingga Maret 2011, Program Coke Farm Medan ini telah menghasilkan kurang lebih 10 ribu kg pupuk kompos, memanen 300 kg beragam jenis sayuran dan telah menanam 2.550 bibit pohon.

Sedangkan ditahun yang lalu secara total telah menghasilkan 800 kg pupuk kompos dan menyumbang 2.000 pohon untuk program 1 miliar penanaman pohon. Dan, dalam 3 tahun kedepan Program Coke Farm secara nasional akan menanam 1 juta pohon dari lebih banyak lahan Coke Farm yang dibuka termasuk di Medan.

Untuk tahun 2011 ini, diharapkan dapat mengkontribusikan sebanyak 300 ribu pohon guna penghijauan dan mengurangi jejak karbon serta menghasilkan 40 ribu pupuk kompos yang dikerjakan oleh sekitar 25 orang petani.

"Di Bandung, program Coke Farm ini telah mendapat penghargaan dari pemerintah daerah Jawa Barat sebagai 10 Program CSR terbaik yang ditujukan bagi pengembangan komunitas dan program ini telah dilaksanakan di daerah operasi CCAI lainnya. Saat ini Program Coke Farm juga telah dinominasikan sebagai Best CSR Program dari Majalah MIX Marketing," pungkasnya.(MB)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar