Kamis, 10 Maret 2011

Berita Pertanian : Kabupaten Karo Kembangkan Budidaya Ikan Mas di 10 Desa















Kabanjahe
. Program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam pencapaian target produksi ikan, mulai dicanangkan di Kabupaten Karo. Program tersebut diharapkan, selain memberikan tanggungjawab terhadap kelompok-kelompok tani juga mengembangkan wirausaha budidaya ikan mas.
Hal ini juga dituntut karena pertambahan penduduk dunia meningkat sehingga kebutuhan akan sumber protein makanan daging dan ikan tidak sebanding dengan kebutuhan dan ketersediaan.

Yang disebabkan, kerusakan dan faktor-faktor lain yang menyebabkan menurunnya ikan dari hasil laut.

Budidaya ikan mas di Kabupaten Karo telah dicanangkan di 10 desa, yakni, Desa Kandibata Kecamatan Kabanjahe, Barung Kersap, Pernantin, Kuta Mbaru, Singga Manik, Kineppen Kecamatan Munte, Sampun Kecamatan Dolat Rayat, Lingga, Nang Belawan Kecamatan Simpang Empat dan Tanjung Morawa Kecamatan Tiga Nderket.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Karo Jenggi Surbakti melalui Kepala Bidang Data dan Perencanaan Ngapuli Sembiring didampingi Kepala Seksi Data dan Pelaporan Agus Bangun kepada wartawan di Desa Barung Kersap, Kecamatan Munte, Rabu (9/3).

Menurut Sembiring, benih ikan telah ditabur sebanyak 188 ribu ekor di kelompok tani tersebut. Selain itu, pihaknya juga telah memberikan bantuan pakan ikan kepada setiap kelompok tani dengan cara memberikan DO (Delivery Order) yang bisa diambil setiap saat ketika dibutuhkan.

Dijelaskannya, pembagian benih ikan dan pakan tersebut dibagi berdasarkan paket, dengan jumlah perpaketnya 4.000 benih ikan. “Kita sangat berharap bantuan pemerintah ini dapat meningkatkan kesejahteraan para kelompok tani. Dari satu paket yang diberikan, kelompok tani yang menerima bantuan kita berikan target produksi ikan yang dihasilkan nantinya mencapai 800 kg,”kata Sembiring.

Ketua Kelompok Tani Barung Kersap Simalem (Bakesi) Randal Sembiring Meliala (50) mengaku bersyukur dengan adanya bantuan tersebut.

“Kalau dihitung-hitung, lahan-lahan yang selama ini tidak terpakai sudah dapat kami gunakan dengan datangnya bantuan benih ikan ini. Selain itu, hal ini juga sebagai salah satu sarana yang dapat memberikan motivasi warga desa untuk tergerak bekerjasama dalam setiap kelompok tani,” imbuh Randal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar