Senin, 02 Mei 2011

Berita Pertanian : Desa Mandiri Pangan, Mendapat Bantuan Dana Sebesar 100 Juta

LAMONGAN. Desa Plososetro Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan Jawa Timur, mendapat bantuan dana sebesar Rp 100 juta, karena dinilai berhasil sebagai Program Aksi Desa Mandiri Pangan (Proksi Demapan).

Ketua Tim Pengerak PKK (TP PKK) Kabupaten Lamongan, Mahdumah Fadeli bersama wakil ketuanya Nurul Hidayati AmarSaifudin mengatakan program Proksi Demapan ditujukan untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif dari anggota kelompok. Misalnya warung serta home industry dan pemanfaatan pekarangan untuk peningkatan pendapatan.

“Sasaran program ini, desa yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi dengan memanfaatkan sumberdaya setempat,“ ujar isteri Bupati Lamongan Fadeli tersebut.

Desa Plososetro dipilih sebagai sasaran program tersebut karena memenuhi sejumlah indikator kerawanan sosial. Seperti masyarakat desa tersebut masih banyak yang miskin, belum bisa memenuhi konsumsi kecukupan gizi, penduduknya juga belum semuanya memiliki akses ke air bersih, akses listrik serta masih ada sebagian penduduknya yang buta huruf.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar