Senin, 25 April 2011

Tips Ampuh : Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan






BUAH belimbing dan asam belimbing, keduanya sama-sama bernama belimbing, tetapi sangat berbeda rasa. Buah belimbing mudah saja di dapat, harganya juga tidak tergolong mahal.

Sementara asam belimbing juga mudah didapat, tapi nilai jualnya tidak ada sama sekali.

Buah belimbing, bentuknya agak besar bersegi-segi.Apabila sudah matang berwarna kuning kehijauan dan cenderung kuning cerah. Sedangkan asam belimbing bentuknya kecil agak lonjong mendekati bulat. Apabila matang berwarna kuning pucat.

Dengan harga terjangkau, buah belimbing dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Untuk dapat dikonsumsi, buah belimbing manis dapat dilakukan secara seder-hana, yakni buah yang sudah matang dimakan begitu saja. Sebelum dikonsumsi terlebih dahulu mengiris sudut segi-segi pada sisi buah dengan pisau. Gunanya membuang rasa kelat dan sedikit pahit pada segi sisi buah belimbing manis.

Buah belimbing manis dapat juga dijus menggunakan blinder setelah menambah bahan lainnya berupa gula putih ditambah sedikit susu dan butiran es. Para pemi-nat memposisikannya sebagai minuman vaforit di samping rasanya yang nikmat juga dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Pohon belimbing, merupakan tanaman asli Indonesia dan juga terdapat di negara serumpun Malaysia. Batang pohon belimbing tidak tergolong tinggi, hampir satu kategori dengan pohon jambu air.

Buah belimbing manis dapat bermanfaat sebagai antioksidan, salah satu fungsinya untuk memerangi radikal bebas, mecegah sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu juga mencegah penyebaran sel-sel kanker. Fungsi lain secara umum yang terdapat pada buah belimbing manis untuk mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah tergolong pula pekerjaan spesifik dari buah belimbing manis. Pengobatan lainnya juga sebagai anti hiper-tensi.

Selain pada buah belimbing manis, bunga, daun dan akarnya sejak dulu telah diyakini sebagai obat anti malaria,maag, bisul, rematik dan lainnya. Namun untuk penderita penyakit ginjal, diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

Asam Belimbing

Buah asam belimbing, tidak begitu banyak diketahui penggunaannya. Karena buah asam belimbing pada sebahagian masyarakat Tapanuli bagian selatan lebih banyak digunakan sebagai bumbu atau asam berbagai gulai jenis ikan.

Gulai ikan dengan memanfaatkan asam belimbing sebagai penyedapnya, tergolong nikamat. Gulai ikan mas di daerah ini, atau berbagai jenis ikan lainnya atau yang lebih populer disebut gulai arsik (gulai ikan kuahnya dike-ringkan) sebahagian besar menggunakan rencahan asam belimbing. Sajian menu gulai arsik tersebut akhir-akhir ini makin populer pada sejumlah rumah makan di beberapa kota Tapanuli bagian selatan.

Asam belimbing apabila musim berbuah, bukan main banyaknya. Mulai dari ranting, cabang hingga batang digelantungi buah asam belimbing. Pada musim berbuah itu tidak terlalu banyak digunakan masyarakat, buahnya lebih banyak jatuh dan membusuk.

Buah asam belimbing, selain penyedap berbagai jenis ikan daunnya juga banyak dimanfaat-kan sebagai bumbu penyedap berbagai masakan daging. Daun asam belimbing paling banyak digunakan untuk penyedap masakan daging kambing, lembu dan kerbau.

Pada beberapa desa, disaat pelaksanaan pesta adat yang spesifiknya memotong kerbau, bumbu penyedap sering digunakan daun asam belimbing. Daun asam yang digunakan untuk gulai daging kambing, selain mengurangi kadar lemak dalam kandungan daging juga menetralisir bau daging kam-bing.

Kendati secara klinis belum diuji daun asam belimbing dapat mengurangi kadar lemak daging, namun dari citarasa dan aroma yang ditimbulkannya jelas mengundang selera makan.

Beberapa jurus yang dapat dilakukan dengan menggunakan bahan tanaman belimbing sebagai berikut:

1. Melancarkan Air Seni.

Ambillah segenggam daun belimbing manis, setelah dicuci bersih lalu direbus dengan air ukuran dua gelas. Biarkan men-didih hingga tinggal setengahnya.Saring air rebusan dan campur sedikit madu, diminum dua kali sehari.

2. Malaria

Bunga belimbing yang sudah dikeringkan diseduh dengan air mendidih. Air seduhan tersebut disaring dan diminum dua kali sehari.

3. Penyakit Maag

Ambil 10 helai daun belimbing, seujung jari kunyit,seujung jari temu kunci, lalu direbus dengan setengah gelas air hingga mendidih. Setelah dingin diminum satu kali setiap hari.

4.Batuk Anak

Berikan buah belimbing manis yang sudah masak kepada anak, lalu dimakan dua kali sehari.

5. Rematik

Untuk obat rematik, akar pohon belimbing ditumbuk lalu dicampur dengan sedikit kencur. Campurkan pula tepung beras di tambah air secukupnya untuk ramuan itu. Tempelkan kepada bagian-bagain yang diserang rematik.

6. Hipertensi

Ambil buah belimbing muda, lau diparut. Air perasan buah belimbing muda itu diminum dua kali sehari. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar