Sabtu, 23 April 2011

Berita Pertanian : Tim DGW Ajari Petani Kendalikan Hama pada Tanaman Jeruk

Berastagi. Tim PT Darma Guna Wibawa (DGW) dan Bintang Anugerah yang bergerak dalam bidang insektisida (racun serangga) dan pupuk NPK cair Aura Multi memberikan penyuluhan tentang pemberantasan hama pada tanaman jeruk petani di Kabupaten Karo. Kegiatan yang digelar Selasa malam (19/4) di Jambur Desa Gurusinga Kecamatan Berastagi ini d hadiri ratusan petani jeruk.

Manager Area Tanah Karo, Simalungun, dan Dairi Wahidin, ini dalam penjabarannya menyarankan para petani bisa melakukan 5T, yakni Tepat Waktu, Tepat Guna, Tepat Sasaran, Tepat Dosis dan Tepat Racunnya. “Jika hal ini bisa dilakukan petani hama lalat buah dan hama serangga lainnya dapat diberantas,” katanya.

Dilanjutkannya, setelah hama dikendalikan, langkah selanjutnya adalah memperbesar buah dan kesegaran tanaman dengan menggunakan pupuk jenis NPK Aura multi dan Bio Immunezer Organik.

Ketua Gapoktan Desa Gurusinga Timotius Ginting kepada MedanBisnis menyambuat baik kehadiran para agronomis tersebut. “Kami berharap penyuluhan tentang tanaman jeruk ini dapat berkesinambungan. Jika perlu kita lakukan di ladang sehingga sinergis apa yang disampikan dengan apa yang terjadi pada tanaman tersebut. Dan, kami pun betul-betul paham dengan hama yang berkembang,” harap Ginting. (MB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar