Jumat, 29 April 2011

Berita Pertanian : Tercemar Flu Burung, Ribuan Ayam Potong Dimusnahkan











TENGGARONG.
Dinas Peternakan Kabupaten Katai Kartanegara (Kukar) memusnahkan ribuan ayam potong yang diduga terinfeksi flu burung di Desa Makarti Kecamatan Marang Kayu, Kalimantan Timur.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Kukar Sumarji mengatakan, pemusnahan yang dilakukan untuk mencegah penularan virus flu burung terhadap unggas lainnya, dan sudah disetujui oleh para pemilik ternak.

"Ini dilakukan untuk mencegah penularan virus flu burung,"katanya, Jumat (29/4).

Menurutnya, berdasarkan hasil tes cepat yang dilakukan pihaknya terhadap ayam yang mati mendadak, diketahui ada kemungkinan terkena virus flu burung.

Terkait pemusnahan itu, Ayam ayam milik warga tersebut tidak akan dilakukan ganti rugi, karena para peternak sudah menyetujui pemusnahan tersebut.

Sementara itu, hingga saat ini sudah ada 2 warga di Desa tersebut diduga terkena suspect flu burung. Kendati pihaknya masih harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut, terhadap kedua warga tersebut.

"Desa Makarti tergolong rawan suspect flu burung, sebab daerah tersebut merupakan penghasil ayam potong dengan total produksi hingga 20 ribu ekor per bulan," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar