Selasa, 19 April 2011

Berita Pertanian : Akibat Hujan Es, Tanaman Jeruk Terancam Gagal Panen

Berastagi. Hujan es yang terjadi Sabtu (16/4) sekitar pukul 16.25 Wib di Desa Lingga Julu Kecamatan Simpang Empat, membuat para petani jeruk kehilangan produksi.

Salah seorang petani jeruk yang mengalami kerugian akibat hujan es tersebut, Join Ginting kepada pada MedanBisnis di ladangnya, mengatakan, kondisi jeruk mereka pada Minggu (17/4) berubah warna menjadi kehitaman (lembam). Padahal, kondisi buah jeruk sudah mulai membesar. “Melihat kondisi buah jeruk yang kehitaman itu, sepertinya tidak akan bisa pulih seperti sediakala. Kalau itu terjadi, petani jeruk di Desa Lingga akan mengalami kerugian yang cukup besar. Karena buah jeruk sudah besar,” jelasnya.

Peristiwa yang sama juga banyak di alami para petani, bahkan ada juga yang mengalami di luar Desa Lingga Julu, seperti di Desa Dukumsiroga. Dari penelusuran MedanBisnis di beberapa lokasi buah jeruk yang terancam gagal itu bisa menjapi puluhan ton. Belum lagi yang terjadi pada sayuran kol, dan beberapa macam jenis tanaman yang siap panen yang terkena hujan es tersebut menjadi busuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar