Selasa, 01 Februari 2011

Berita Pertanian : Penyuluh Diharapkan Fasilitasi Petani

Simalungun. Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjembatani (fasilitasi,red) petani dalam menyalurkan dan memasarkan hasil pertanian. Karena itu, penyuluh diimbau untuk bekerja maksimal dengan keihklasan untuk memajukan pertanian, perikanan dan kehutanan serta ketahanan pangan.
“Penyuluh pertanian adalah ujung tombak dan tolak ukur keberhasilan dalam bidang pertanian,” kata Bupati Simalungun JR Saragih, yang didampingi sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Simalungun, saat melakukan kunjungan ke Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahananan Pangan (BP4K dan Hanpang) Kabupaten Simalungun, Senin (31/1).

Bupati Simalungun mengingatkan agar penyuluh melaksakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Tupoksi tersebut antaralain menangani kelembagaan kelompok tani maupun kelompok lain, pelatihan petani untuk meningkatkan SDM dan penyuluh, pembuatan brosur dan liflet serta perangkat uji tanah kering dan tanah basah. Selanjutnya menggalakkan program Percepatan Pola Konsumsi non Beras (P2KB) sesuai Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 tentang P2KB dan himbauan menteri ketahanan pangan, agar masyarakat dapat mengurangi ketergantungan beras 1,5% per tahun.

Bupati juga berharap, agar setiap pegawai yang ada di lingkungan Pemkab Simalungun, khusunya para penyuluh pertanian harus rajin serta mampu dan menguasai teknologi informasi untuk mendukung kemajuan pertanian dalam bidang pemasaran baik skala domestik maupun luar negeri.
“Ke depan, setiap badan maupun kantor dinas yang ada di KabupatenSimalungun akan diupayakan memiliki akses internet dan wifi (jaringan online, red), agar dapat digunakan seluruh pegawai untuk mendukung pekerjaannya masing – masing,” sebut JR Saragih.

Kunjungan Bupati berlanjut ke Kantor Camat dan Puskesmas Bandar Masilam. Pada kesempatan tersebut, bupati meminta seluruh pegawai untuk mengoptimalkan peralatan dan kelengkapan yang ada untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat serta menanamkan nilai keikhlasan dalam bekerja.(MB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar