Sampit
. Ribuan ikan di Sungai Rege, Desa Selucing, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah ditemukan mati mengapung di permukaan sungai.

"Kematian ribuan ikan di aliran Sungai Rege tersebut diduga diracun dan disetrum oleh warga," kata Camat Cempaga Hulu, Wim RK Benung, di Sampit, Jumat.

Berdasarkan hasil pemeriksaan pihak kecamatan pada air sungai tidak ditemukan adanya pencemaran limbah pabrik Crude Palm Oil (CPO).

Tim kecamatan Cempaga Hulu turun ke lapangan pada Selasa (22/2) setelah ada laporan warga soal ribuan ikan yang mati pada Senin (21/2).

Sebelumnya, warga melaporkan ribuan ikan itu mati akibat pencemaran limbah CPO milik perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Tunas Agro Subur Kencana (TASK), namun setelah dilakukan pengecekan di lapangan ternyata tudingan itu tak terbukti karena tidak ditemukan adanya pencemaran.

"Kami telah turun kelapangan untuk melakukan pemeriksaan, tapi kami tidak menemukan adanya pencemaran pada aliran Sungai Rege," katanya.

Bahkan, tim dari kecamatan Cempaga Hulu juga melakukan pengecekan pada kolam limbah pabrik CPO milik PT TASK kondisi kolam limbah bagus tidak terjadi kebocoran atau meluap.

Sementara itu General Manager (GM) PT TASK Budiono membantah kalau kolam limbah pabrik CPO telah bocor dan mencemari Sungai Rege.

"Kolam limbah pabrik kami sekarang kondisinya baik tidak bocor atau meluap, bahkan dalam keadaan surut apalagi sampai mencemari aliran Sungai Rege," katanya.

Pihak perusahaan bersama tim dari Kecamatan Cempaga Hulu juga telah turun ke lapangan untuk memeriksa aliran Sungai Rege.

"Kematian ribuan ikan di aliran Sungai Rege kami perkirakan telah diracun warga, sebab pada Kamis (24/2) kami memergoki delapan warga sedang menangkap ikan dengan racun dan setrum," ungkapnya.

"Mereka sempat kami amankan di kantor PT TASK, namun atas petunjuk dari pihak Kecamatan Cempaga Hulu akhirnya kedelapan orang tersebut kami lepas setelah membuat perjanjian tidak menangkap ikan dengan racun dan setrum," jelasnya.

Sejak kejadian itu pihak PT TASK memperketat penjagaan dengan melakukan patroli di sepanjang aliran Sungai Rege dan disejumlah tepian sungai juga dipasang papan larangan penangkapan ikan dengan menggunkan racun dan setrum. (ant)