Sabtu, 12 Februari 2011

Berita Pertanian : Lele Bantuan Dirjen Perikanan Panen Lebih Awal

Cirebon. Kelompok petani Kota Cirebon berhasil panen lele bantuan dari Dirjen Budidaya Perikanan yang seharusnya dipelihara selama dua sampai tiga bulan, tetapi baru 45 hari dipanen karena sudah memenuhi syarat berat ikan.
"Kami panen dipercepat dan berdasarkan perhitungan besarnya sudah cukup yakni sekitar 12 ekor per kilogram," kata Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Cirebon Enjo Suharjo kepada wartawan, Jumat (11/2).

Dikatakannya, panen dipercepat juga dimaksudkan guna menghindari jangan sampai terlalu banyak yang stres dan mati karena cuaca tampaknya sudah berubah manjadi panas.

Ia menjelasakan, Dirjen Budidaya Perikanan memberi bantuan kepada 75 paket lele di kota Cirebon. Satu paket berupa terpal untuk kolam ukuran 5x10 meter, benih ikan sebesar rokok sebanyak 6500 ekor dan pakan sebanyak 650 kilogram.

Berdasarkan pengelamannya memeliharan ikan sebanyak itu yang mati sekitar 20%. "Hasilnya diharapkan paling sedikit 300 kilogram dan dijual Rp10 ribu per kg," katanya.

Menurut dia, terpal tersebut selanjutnya bisa digunakan hingga puluhan kali memelihara ikan lele dengan tenaga satua orang. Adapun keutungan memilihara ikan lele dalam kolam terpal terhindar dari hama dan penyakit bila dibanding dilepas di kolam tanah. Selain itu, bisa mamanfaatkan pekarangan rumah yang sesuai dengan kota Cirebon yang memaliki wilayah yang tidak begitu luas. "Sedangkan, pemasaran ikan lele masih cukup baik, buktinya begitu kita panen pembeli sudah datang langsung," katanya.

Upaya peternak ikan lele Cirebon itu juga ikut menyukseskan progra pemerintah yang hendak menjadi negara terbesar dalam memproduksi ikan budidaya tahun 2005, tmbahnya.

Sementra itu, Penyuluh Perikanan Kota Cirebon Nanang yang hadir pada panen ikan lele tersebut, mengatakan sebanyak 75 unit kolam bantuan Dirjen Budidaya Perikanan tersebut berjalan baik di Cirebon. "Kita saksikan hari ini, salah satu paket bantun tersebut justru dipanen lebih awal karena sudah memenuhi syarat dari segi berat ikan. Anjuran sekitar dua sampai tiga bulan panen, ternyata pak Enjo sudah panen hanya dalam waktu 45 hari," katanya. (ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar