Sabtu, 12 Februari 2011

Berita Pertanian : Pertani Sediakan Toko Pertanian Swalayan bagi Petani

Medan. PT Pertani akan segera menyediakan Toko Pertanian Swalayan (Topsindo) di Sumatera Utara (Sumut) guna membantu petani mendapatkan segala kebutuhan pertaniannya. Dengan konsep toko spesialis pertanian ritel modern tersebut juga disediakan layanan klinik konsultasi bagi para pembeli.

Kepala cabang PT Pertani (Persero) Wilayah Sumut, Alhani Yandi mengatakan, Topsindo dibuat untuk membantu petani mendapatkan produk sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk, pestisida dan alat mesin pertanian. Sebab, selama ini belum tersedia toko tipe modern yang menyediakan sarana pertanian secara lengkap.

"Peresmian Topsindo ini akan kita lakukan tanggal 16 Februari 2011. Semoga ini dapat membantu petani di Sumut," ujarnya kepada wartawan, Kamis (10/2) di Medan.

Menurutnya, dengan adanya Topsindo, Pertani sebagai salah satu produsen benih dan peduli terhadap pertanian di Indonesia mengharapkan bisa terus berperan aktif membantu petani. Apalagi tantangan dalam sektor pertanian semakin banyak, sehingga sudah waktunya perlengkapan sarana dan prasarana tersedia sehingga petani dengan mudah mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Selain itu, dalam Topsindo ini, lanjut Alhani, pihaknya juga menyediakan layanan konsultasi pertanian bagi setiap pembeli yang membutuhkan anjuran dan pengarahan terlebih dahulu dari pihak-pihak yang berkompeten di bidang pertanian. "Selain penyuluh pertanian yang berkualitas, kita juga akan sediakan pakar pertanian untuk membantu petani berkonsultasi," katanya.

Dengan konsultasi yang telah dilakukan, diharapkan petani bisa mengefisiensikan biaya yang dipakai untuk membeli sesuai dengan kebutuhan yang diterapkan di lapangan. Di samping itu juga, Topsindo memberikan pelayanan prima kepada pelanggan atau petani yang membutuhkan perlengkapan pertanian. "Kita ingin semua kecamatan di Sumut memiliki Topsindo," tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian Sumut, Muhammad Roem, menyambut baik hadirnya Topsindo di Sumut, karena dapat membantu petani mendapatkan sarana dan prasarana pertanian yang dibutuhkan. Karena selama ini petani masih sulit mendapatkan kemudahan akses tempat tersedianya alat pertanian.

"Ini langkah baik bagi pertanian di Indonesia dan harus kita dukung dengan positif. Kalau bisa, toko swalayan ini ada di seluruh daerah se Sumut," pungkasnya.(MB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar