Jumat, 04 Februari 2011

Berita Pertanian : Distan Karo Salurkan Bibit Hortikultura


Kabanjahe. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karo terus berupaya melakukan yang terbaik untuk para petani yang berada di bawah kaki Gunung Sinabung, terutama pasca letusan Gunung Sinabung lima bulan lalu.

Kepala Dinas Pertanian Nomi boru Sinuhaji, Rabu (2/2) mengatakan, upaya yang sudah mereka lakukan adalah pemberian racun rumput secara gratis kepada petani yang berada di empat kecamatan seperti Kecamatan Simpang Empat, Naman Teran, Payung, dan Kecamatan Tigan Derkat.

Adapun bantuan pestisida yang diberikan adalah jenis herbisida (racun rumput) sebanyak 6.154 liter atau senilai Rp 300 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Karo 2010. “Bantuan tersebut sebagian sudah disalurkan tinggal beberapa liter saja yang belum tersalur. Rancananya nanti kami berikan bersama bibit jagung bantuan dari pusat,” jelas Nomi.

Lebih lanjut dijelaskan Nomi, 2.000 liter pestisida telah dibagikan bersamaan bibit jagung sebanyak 13 ton kepada masyarakat desa Sigarang-garang, Kuta Gugung, Sukanalu Simalem dan Kuta Rakyat. Pembagian dilakukan melalui kelompok tani masing-masing. “Sisanya belum dibagikan karena menunggu bantuan bibit jagung. Petani juga bisa memilih bibit mana yang mau mereka tanam, apakah jagung, kentang atau bibit tomat. Jadi, tergantung kemauan para petani,” ujarnya.

Namun dalam penyaluran bibit ini Nomi mengakui, banyak kendala yang ditemui di lapangan, sehingga untuk menghindari salah sasaran pihaknya benar-benar menyeleksi para petani penerima. “Jangan nanti bibit yang kita berikan dijual pula dengan setengah harga,” kata Nomi. (MB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar