Jumat, 18 Februari 2011

Berita Pertanian : Dihajar Cuaca dan Hama, Kualitas Beras RI Turun

JAKARTA. Curah hujan yang tinggi ditambah dengan serangan hama wereng membuat kualitas beras Indonesia di masa panen saat ini menurun. Bulog pun tak bisa membeli beras berkualitas rendah.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17-2).

"Di dalam negeri panen sudah terjadi di beberapa daerah produsen tapi terjadi penurunan kualitas, karena curah hujan tinggi dan serangan hama wereng. Curah hujan tinggi memicu panen dini, peluang munculnya bulir hijau dan mengakibatkan mahalnyya biaya jemur," tutur Sutarto.

Kemudian serangan hama wereng coklat juga menyebabkan tingginya kadar hampa dan kecilnya rendemen saat gabah diolah menjadi beras.

Sutarto mengatakan, Bulog tak berani membeli beras kualitas rendah dari petani karena tidak ada payung hukum yang membolehkan.

"Kami minta payung hukum supaya bukan kami yang bertanggung jawab ketika membeli di luar HPP (Harga Pembelian Petani). Ketika Bulog membeli di luar HPP, jadi pertanggungjawaban ada di Menteri Keuangan," tutur Sutarto.

Turunnya kualitas beras dalam negeri ini memang bakal membuat Bulog sulit untuk meningkatkan stok berasnya guna pengamanan pangan dalam negeri. Bisa saja opsi impor kembali diambil.(LP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar