Jumat, 25 Februari 2011

Berita Pertanian : Padi Berbintik Hitam

Cuaca tak menentu membuat petani di Pagaralam khawatir. Hasil panen diperkirakan tak akan maksimal, padi yang siap panen rusak. Tak hanya padinya yang ampe (kosong, red) tetapi buah padi banyak yang terlihat bintik-bintik hitam.Purwanto (34), petani Dusun Mekar Jaya, Kelurahan Pagaralam, mengakui buah padinya banyak yang rusak, sementara batang dan daunya normal.

‘’Sebagian buah berbintik hitam, saat padi berbunga bertepatan dengan cuaca buruk seperti hujan yang disertai angin kencang. Akibatnya buah padi banyak yang hitam, hasil panen pun dipastikan merosot,” ujarnya.Normalnya, untuk satu hektare diperkirakan mampu menghasilkan 1 ton beras. ‘’Tetapi panen kali ini hanya mampu menghasilkan 700 kg beras,’’ ujarnya yang berharap ke depan ada penyuluhan tentang hama yang sering menyerang tanaman.

Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Jumaldi Jani SP MM melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Sukuran SP mengatakan, bintik hitam atau ampe yang menyerang buah padi bukan akibat serangan hama tetapi akibat cuaca buruk. ‘’Biasanya hal tersebut bermula saat padi berbunga, ketika itu turun hujan atau angin kencang, akibatnya buah padi ampe dan bintik hitam,” ujarnya.(Sumex)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar