Sabtu, 26 Februari 2011

Berita Pertanian : Produksi Gabah Kering Giling 2011 Ditarget 70,6 Juta Ton


MAKASSAR.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menargetkan produksi Gabah Kering Giling (GKG) nasional 2011 mencapai 70,6 juta ton.

Staf Ahli Menteri Pertanian Iskandar Andi Nuhung di Makassar, Jumat (25/2), menjelaskan, target Kementerian Pertanian berdasarkan anggaran sekitar 68 juta ton. Ini menjadi tantangan," ujarnya pada pertemuan koordinasi percepatan tanam padi Sulsel 2011.

Target tersebut dapat dicapai dengan memobilisasi seluruh potensi yang ada serta tergantung kebijakan masing-masing pemerintah daerah. "Peta produksi nasional rata-rata 5,1 ton per hektare dan Sulsel hampir mencapai itu bahkan dengan infrastruktur yang tak selengkap di Jawa. Sulsel juga berhasil mengembangkan jenis IP 300 yang diragukan banyak pakar sebelumnya," jelasnya.

Perbandingan produksi pangan dengan tingkat konsumsi dunia saat ini jaraknya semakin jauh. Produksi gandum dunia menurun akibat kondisi cuaca yang tak menentu sehingga konsumsi gandum beralih ke beras.

"Akibatnya, permintaan beras tinggi, linier dengan gandum. Untuk itu, perlu terobosan ketahanan pangan terutama pada lima komoditas yaitu beras, jagung, kedelai, gula, dan daging pada lima tahun ke depan," katanya.

Selain beras, pemerintah juga menargetkan swasembada jagung sebanyak 22 juta ton dan Sulsel merupakan salah satu produsen utamanya. Swasembada kedelai ditargetkan 1,65 juta ton.(ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar