Jumat, 25 Februari 2011

Berita Pertanian : Buah Impor Sesaki Pasar Makassar



MAKASSAR . Tidak hanya peralatan elektronik dan mainan dari China yang menyerbu Makassar, buah-buahan segar juga banyak merambah daerah ini. Padahal, Sulsel adalah daerah yang subur dan mengandalkan produknya pada pertanian dan perkebunan.

Di toko Segar Buah Jalan Arief Rate misalnya, berbagai buah-buahan segar asal negeri China terpajang rapi, seperti lengkeng, jeruk Shantong (jeruk kecil) persimon Korea, apel kingstone, apel Jepang, pear pacham, apel USA, jeruk sunkist, ponkam dan lain-lain.

Seorang pelayan toko buah yang mengaku bernama Yanti mengungkapkan, buah-buahan tersebut diimpor dari China dan diperlakukan khusus sehingga masih segar sampai di Makassar. Menurutnya, toko tempatnya menjual sudah memiliki pelanggan khusus, sehingga buah-buahan mereka tidak pernah tinggal lama.

Wati, salah seorang pembeli yang ditemui di Segar Buah mengaku lebih suka dengan buah impor, selain harganya murah, buahnya juga lebih segar dengan kemasan yang menarik. "Saya kira pedagang buah kita harus bisa mengemas buah-buahan mereka semenarik ini. Selain itu, pedagang buah kita juga harus bisa mengedepankan kejujuran, karena biasanya kalau kita beli buah-buahan, bagian luar disimpan yang masih segar, sementara di bagian dalam disimpan yang agak membusuk," ujarnya.

Safar, salah seorang penjual buah di pinggir jalan Perintis Kemerdekaan yang ditemui kemarin mengaku, memasok buah-buahannya dari daerah Malino. Dia mengaku tidak terlalu terganggu dengan buah-buahan impor dari China. "Mereka punya pelanggan sendiri, kita juga punya pembeli sendiri. Kita mungkin kalah karena mereka berada di dalam ruangan ber-AC, sementara kita di pinggir jalan," ungkapnya.

Dari sisi harga, buah impor lebih murah. Lengkeng Bangkok misalnya dijual Rp29 ribu per kilogram, jeruk Shantong (jeruk kecil) dijual dengan harga Rp17 ribu per kilogram, sementara di pinggir jalan dijual dengan harga Rp20 ribu per kilogram.

Selain itu, juga ada Persimon Korea Rp35 ribu per kilogram, Apel Kingstone Rp29.500 per kilogram, sementara apel Jepang Rp95 ribu per kilogram. Pear Pacham Rp25 ribu per kilogram, Apel USA Rp19.500 per kilogram, jeruk Sunkist Novel Rp16.500 per kilogram, jeruk

Ponkam Super Rp18.500 per kilogram, pear Cokelat Rp18.500 per kilogram, Nactarin Rp95 ribu per kilogram, Apel Sunmoon Kecil Rp24.500 per kilogram, juga Pear Xianglie Rp19.500 per kilogram. Harga-harga tersebut masih jauh di bawah harga buah-buahan yang dijual di pinggir jalan. (Fajar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar