Selasa, 08 Februari 2011

Berita Pertanian : Kombinasi Wisata Agro


SISA LONGSOR. Air terjun Lembang Saukang yang dahulu memiliki tujuh tingkat, kini tersisa tiga tingkat pascalongsor 2006 lalu. Lembang Saukang salah satu objek wisata andalan Sinjai.


LEMBANG
saukang tidak hanya menawarkan keindahan air terjun berarus deras dan tempat permandian semata. Objek pariwisata ini alam ini juga menawarkan wisata agro kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Daerah Tellulimpoe merupakan kawasan pengembangan buah-buahan dan perkebunan. Tanaman seperti cengkih, cokelat, vanili, hingga merica bisa dicari di sini. Hampir di sepanjang perjalanan dijumpai sederetan lahan perkebunan buah. Desa Sukamaju, tempat air terjun Lembang Saukang berada juga penghasil durian besar atau durian montong.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sinjai, Yasin Amin mengatakan, Pemkab Sinjai telah merancang RIPPDA untuk memaksimalkan kawasan Lembang Saukang. Melalui rencana induk pengembangan pariwisata daerah diharapkan potensi air terjun Lembang Saukang dan wisata agro lebih maksimal. Wisatawan tidak hanya berkunjung ke objek wisata di satu daerah saja, tetapi juga menikmati tujuan pariwisata alam di daerah lain.

"Dengan program ini, wisatawan yang datang ke Bantaeng, juga akan berkunjung ke Sinjai, begitu sebaliknya," kata Yasin.

Pembenahan infrastruktur jalan dan penataan kawasan obyek wisata mulai dilakukan. Menurut Yasin, pembenahan dilakukan secara bertahap karena keterbatasan anggaran. Pemkab Sinjai berharap, objek wisata alam air terjun Lembang Saukang dilirik investor yang berniat mengembangkan pariwisata alam di Sinjai.
(Fajar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar