Kamis, 03 Februari 2011

Berita Pertanian : Panen Raya, Harga Beras Turun Hingga Rp300

Panen Raya, Harga Beras Turun Hingga Rp300

Kamis, 3 Februari 2011 - 17:17 wib
Idris Rusadi Putra - Okezone

JAKARTA - Mulai memasuki musim panen raya saat ini membuat harga beras untuk kualitas menengah ke bawah turun sekira Rp200-Rp300 per kilogram.

"Rata-rata Rp200-Rp300 per kg, kualitas menengah ke bawah seperti Ir super, Ir 1, Ir 2, dan Ir 3," ungkap salah seorang penjual beras, Sarpon, di Pasar Induk Kramat Jati, di Jakarta, Rabu (3/2/2011).

Dia menjelaskan, apabila sedang terjadi panen raya, hanya mengurangi harga beras kualitas menengah ke bawah. Sedangkan untuk kualitas atas hanya berkurang sedikit saja.

"Kalau panen raya harga beras kualitas atas paling turun Rp20-Rp50 per kg, seperti Pandan Wangi harganya Rp10 ribu per kg dan juga Segon Bandung masih Rp8.400 ribu per kg," tambahnya.

Selain itu, berkurangnya harga beras saat panen raya ini hanya akan berlangsung sekira sebulan. Setelah itu, harga beras akan naik lagi. "Kuatnya sekitar sebulan, nanti juga naik lagi. Pengiriman semakin sedikit lagi," tandasnya.

Adanya operasi pasar yang digelar Pemerintah pun tidak begitu berpengaruh terhadap harga beras kualitas super. "Operasi pasar Bulog hanya membantu pengaruhnya ke kualitas beras jenis pera saja, jenis Ir 1 Ir 2 dan sebagainya," pungkasnya. (okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar