Selasa, 05 Juli 2011

Berita Pertanian : Sayuran dari Berastagi Digemari Mancanegara

Medan. Sayuran asal Berastagi seperti kentang, sawi dan kol yang banyak dihasilkan di Kabupaten Karo, ternyata banyak diminati pengusaha mancanegara asal Malaysia, Taiwan dan Singapura untuk dijadikan komoditas ekspor unggulan, karena kualitas sayur dari daerah tersebut cukup terjamin.
Hal tersebut dikatakan Staf Informasi Pasar Dinas Pertaniaan Sumatera Utara, Zainal Abdi SP, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/7).

"Rasa kentang, kol dan sawi serta sayur-mayur lainnya, yang berasal dari Brastagi sungguh luar biasa, beda dengan hasil pertanian dari daerah lainnya seperti Bandung dan daerah lainnya di Pulau Jawa. Sampai-sampai kentang yang diekspor ke negara-negara tersebut dijuluki kentang Brastagi," ujarnya.

Saat ini, sebutnya, permintaan komoditas holtikultura asal Berastagi, Tanah Karo dari sejumlah negara itu terus meningkat. "Ini merupakan peluang bagi para petani kita khususnya di Tanah Karo untuk lebih meningkatkan produksi dan kualitas komoditas holtikultura kita. Sebab, pasarnya kini sangat bagus di sejumlah Negara itu," ujarnya.

Menurut data dari Dinas Pertanian Sumatera Utara, untuk tahun 2010 perkembangan volume dan nilai ekspor sayur mayur tertinggi yaitu kol/kubis yang memiliki volume 19.541.538 kg dengan nilai US$4.880.938 dengan tujuan negara Taiwan. Diikuti oleh kentang dengan volume ekspor 5.054.821 kg serta nilai US$1.809.798 dengan tujuan Malaysia dan Singapura.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar