Bogor
. Institut Pertanian Bogor (IPB) mengajak masyarakat membudayakan konsumsi buah lokal, agar produksi buah para petani Indonesia dapat bertahan dan berkembang di negeri sendiri.

"Kami mengajak agar masyarakat kembali ke buah lokal. Mari, sama-sama kita budayakan konsumsi buah lokal, buah yang diproduksi petani dalam negeri," kata Wakil Rektor IPB, Prof Dr Ir Hermanto Siregar, di Bogor, Selasa.

Menurut Prof Hermanto, masyarakat perlu menjadikan buah lokal sebagai pilihan utama dalam konsumsi sehari-hari sebagai kecintaan produk dalam negeri.

"Membudayakan konsumi buah lokal juga sebagai bentuk dukungan pada perkembangan pertanian nasional," papar Prof Hermanto.

Dia meyakini, bila masyarakat menjadikan buah lokal sebagai pilihan konsumsi prioritas, hal itu akan berdampak positif pada geliat usaha para petani. Hasil pertanian dapat menjadi tuan di negeri sendiri.

Prof Hermanto mengemukakan, dalam upaya membangkitkan kembali kecintaan masyarakat pada buah lokal, IPB bekerjasama dengan Himpunan Alumni (HA) IPB menggelar serangkaian kampanye yang dilaksanakan pada 7-11 Juli.

Kampanye ala IPB mengangkat tema "Gemari Buah Lokal..!" Kampanye tersebut menyertakan ribuan keluarga besar IPB, yang dipusatkan di tiga tempat, yakni kampus IPB Darmaga, kampus IPB Branangsiang serta Jalan dan Sepeda Santai (JSS) di Jakarta.

Prof Hermanto mengemukakan, kegiatan kampanye cinta produk buah lokal yang digagas IPB dan HA IPB tersebut diharapkan memberikan inspirasi bagi semua pihak agar menjadikan buah lokal sebagai pilihan utama konsumsi.

"Kami tidak akan berhenti di kampanye saja, namun secara bertahap dan berkelanjutan mulai melakukan di lingkungan IPB. Rapat-rapat resmi yang digelar IPB akan menjadikan buah lokal sebagai menu utama," demikian Prof Dr Hermanto Siregar.