Kamis, 07 Juli 2011

Berita Pertanian : PTPN4 Berikan Benih Padi dan Fungisida kepada Petani

Medan. PT Perkebunan Nusantara 4 (PTPN4) pada Rabu (6/7), merealisasikan bantuan kepada petani di sekitar unit usahanya di Kabupaten Simalungun berupa, benih padi dan fungisida nordox. Pemberian bantuan merupakan Program Bina Lingkungan diserahkan kepada petani di Dusun Gerak Tani Nagori Silampuyang Kecamatan Siantar untuk mendukung peningkatan produksi tanaman pangan, mengingat Kabupaten Simalungun merupakan salah satu kabupaten lumbung beras terbesar di Sumatera Utara.

Dalam siaran pers PTPN4 yang diterima, Kamis (7/7), bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada 16 kelompok tani (poktan) oleh Direktur Produksi PTPN4 Balaman Tarigan, disaksikan Asisten II Pemkab Simalungun Latif Nasution, Kepala Dinas Pertanian Simalungun Amran Sinaga, mewakili Kepala Dinas Pertanian Propsu Sugeng, General Manager Regional IV PT Sang Hyang Seri Syaiful Bahry dan sejumlah pejabat pemerintah dan perseroan.

Balaman Tarigan mengatakan, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan sekaligus dukungan terhadap Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Simalungun. Bantuan disesuaikan dengan kondisi dan potensi pertanian di Simalungun yang merupakan salah satu sentra produksi beras. Penyerahan bantuan adalah program reguler yang dilakukan setiap tahun sebagai salah satu wujud kepedulian kepada masyarakat.

Diharapkan bantuan ini akan memberikan nilai positif dan masyarakat turut menjaga aset perusahaan, sehingga ke depan bantuan yang diberikan semakin besar serta berkelanjutan, dan perusahaan sudah berkomitmen untuk meningkatkan kemitraaan dengan pemerintah daerah tempat perusahaan berada.

Kepala Bagian PKBL PTPN4 Drs Muhtadin Harahap menambahkan, jumlah bantuan yang akan disalurkan tersebar di 13 kecamatan, khusus sentra tanaman pangan dan palawija. Bantuan benih padi diserahkan untuk lahan seluas 1.000 hektare, sedangkan untuk komoditas jagung seluas 500 ha, sehingga total bantuan benih yang disiapkan adalah untuk kebutuhan 1.500 ha ditambah fungisida nordox.

Tahap awal bantuan telah diserahkan benih padi sebanyak 8.750 kg kepada 16 kelompok tani dan bantuan fungisida nordox 500 kg. Diharapkan dengan adanya bantuan ini kesejahteraan petani akan meningkat. Besaran bantuan yang diberikan setiap tahun akan disesuaikan dengan tingkat keuntungan perusahaan.

Kepala Dinas Pertanian Pemkab Simalungun Amran Sinaga berharap bantuan benih padi dan jagung dari PTPN4 akan dapat membantu petani dalam penyediaan bibit berkualitas. Melalui bantuan benih tersebut, Amran optimis target peningkatan produksi beras di Simalungun sebesar 5% pada tahun ini bisa tercapai.

Ketua Kelompok Tani Kenanga Sauhur Desa Silai Manik Kecamatan Siantar Gafar Silalahi mewakili 16 Kelompok Tani mengatakan, bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan YME dan PTPN4 yang tetap peduli kepada petani, dan berharap bantuan dapat berkelanjutan.

Gafar mengimbau kepada masyarakat sekitar Unit Usaha PTPN4 agar bersama-sama menjaga aset perseroan sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, yang pada akhirnya bantuan yang diterima masyarakat lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar