Klaten. Gubenur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, mengatakan bahwa percobaan padi varietas unggalan jenis Inpari 13 terbukti berhasil menghadapi serangan hama wereng batang coklat yang menyerang wilayah Kabupaten Klaten selama beberapa waktu terakhir ini.

"Uji coba padi varietas tahan wereng ini terbukti sukses, hasilnya akan dapat dinikmati petani dalam waktu dekat," ujarnya usai meninjau padi varietas Inpari 13 di Desa Polan, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut dia, padi yang ditanam serempak pada 18 Mei 2011 lalu itu, sudah dapat dipanen dalam beberapa minggu ke depan.

Ia menuturkan, meski belum dipanen, uji coba padi tahan wereng ini dapat dipastikan berhasil mengingat kondisi tanaman serta ekosistem di sekitarnya yang cukup baik.

"Kita lulus ujian, ini kerja keras semua. Dalam waktu dekat, padi ini akan disebar ke seluruh wilayah Jawa Tengah," kata gubernur.

Ia mengungkapkan, selain varietas padi unggulan, terdapat beberapa hal yang menjadi kunci sukses dalam menghadapi hama wereng tersebut.

Para petani, menurut, tetap harus diingatkan akan proses penanaman serempak, memperbaiki pola tanam serta selalu memelihara sistem irigasi.

"Pola tanam serempak terbukti cukup efektif. Petani yang menanam padi sendiri-sendiri akan berisiko meresak semua tanaman," katanya.

Meski demikian, ia tetap meminta para petani terus mengawal padi varietas unggulan ini hingga nanti waktu panen.

"Jangan sampai, karena merasa menggunakan varietas unggulan, lalu tidak diawasi petumbuhannya," katanya.

Menurut dia, kawalan serta pengawasan tersebut tidak hanya terhadap ancaman wereng batang coklat, namun juga jenis hama yang lain.(ant)