Liwa, Lampung. Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terus melakukan upaya peningkatan populasi ternak kambing sehingga kebutuhan daging masyarakat dapat terpenuhi.

"Upaya peningkatan populasi ternak terus dilakukan, pemerintah berkomitmen untuk menggencarkan progam bantuan kambing guna meningkatkan angka kelahiran ternak setiap tahunnya," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Barat Samsi Mursalin, di Liwa, Kamis.

Dia menjelaskan, peternakan kambing di Lampung Barat semakin berkembang. Hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah peternak yang bertambah.

Menurut dia, pemerintah akan memberikan progam khusus, dalam upaya peningkat taraf hidup bidang peternakan.

"Saya meyakini bila masyarakat menekuni peternakan kambing dengan baik, maka hasil yang didapatpun mampu meningkat ekonomi, selain itu, usaha peternakan dapat menghasilkan kotoran untuk dijadikan pupuk organik, sehingga masyarakat tidak perlu membeli pupuk lagi," katanya menambahkan.

Lalu lanjut Samsi mengatakan,dengan semakin berkembangnya populasi ternak kambing, maka semakin baik pula tingkat ekonomi masyarakat peternak.

Program pengembangan sentra kambing bertujuan dalam rangka meningkatkan populasi ternak khususnya kambing di Lampung Barat, sebab saat ini populasi ternak kambing mencapai 47 ribu ekor.

Dalam rangka swasembada ternak 2014, katanya, Pemkab Lampung Barat berupaya melakukan pembibitan ternak serta meningkatkan jumlah kelahiran ternak dengan kawin suntik (inseminasi buatan) dan kawin alami.

Beternak kambing tergolong mudah, selain itu pasokan pakan di daerah ini berlimpah, dan mampu meningkatkan pertumbuhan hewan ternak, katanya.

Pembangunan daerah Lampung Barat sebagai bagian integral dari pembangunan Provinsi Lampung dan pembangunan nasional yang berorientasi untuk menumbuh kembangkan sektor ekonomi dan komoditas unggulan daerah terus dilaksanakan dan menjadi perhatian pemerintah termasuk di dalamnya pembangunan bidang peternakan.

Peternakan sendiri menjadi langkah pemerintah daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan dan mampu menjangkau peningkatan ekonomi setiap tahunnya dengan sektor ini.

Sektor peternakan yang ditekuni itu, sebagian mampu memberikan hasil bagi masyarakat, selain hewan ternak dapat dijual, masyarakat juga dapat memanfaatkan kotoran ternak untuk pupuk tanaman taupun dijual, katanya.

Data menunjukkan Lampung Barat memiliki sekitar 28 ribu hewan ternak berupa sapi dan kambing, stok ini akan mencukupi kebutuhan daging masyarakat menjelang perayaan hari besar.

"Saya berharap masyarakat dapat menekuni usaha peternakan baik kambing, sapi, dan unggas, sehingga dari bidang peternakan tersebut, mampu meningkatkan pendapatan masyarakat melalui sektor peternakan," katanya.