Minggu, 31 Juli 2011

Berita Pertanian : Hanya Tiga Komoditas Pangan Harganya Naik

Jakarta. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo mengatakan, hanya tiga komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini yakni daging sapi, daging ayam, dan telur.

"Hasil pemantauan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri sejak pekan lalu, hanya tiga komoditas pangan tersebut yang mengalami kenaikan harga," kata Gunaryo pada diskusi "Mengantisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok" di Gedung MPR/DPR/DPD Jakarta, Jumat (29/7).

Gunaryo menegaskan, tidak semua harga komoditas pangan dari sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) naik menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, tapi hanya tiga komoditas saja yakni daging sapi, daging ayam, dan telur.

Menurut dia, kenaikan harga tiga komoritas pangan tersebut tidak signifikan karena persediaannya mencukupi. .

"Kami meyakini meskipun terjadi kenaikan harga, tapi akan relatif stabil karena stoknya mencukupi," kata Gunaryo.

Gunaryo menambahkan, Kementerian Perdagangan sudah melakukan antisipasi ketersediaan komoditas pangan menjelang Ramadhan sejak sebulan lalu. Stok komoditas pangan itu, kata dia, sudah mencukupi selama dua bulan setengah hingga Oktober mendatang.

Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan sudah menginstruksikan dinas-dinas terkait di pemerintah kota dan kabupaten untuk menjaga pasokan harga komotitas pangan di daerahnya masing-masing.

Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, katanya, mengantisipasi kenaikan harga komoditas pangan antara lain dengan operasi pasar. (ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar