Senin, 04 Juli 2011

Berita Pertanian : Panen Raya, Harga Ikan Jatiluhur Anjlok










PURWAKARTA.
Petani ikan di Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengaku usaha mereka melesu karena harga ikan anjlok ditengah melimpahnya produksi ikan di perairan waduk Jatiluhur saat ini.

"Sekarang sedang panen raya, tapi harga ikan merosot dan kemungkinan akan sampai ke level terendah," ujar Baban Purnama, seorang petani ikan di Jatiluhur, Senin (4/7).

Ia menyebutkan harga ikan mas di tingkat petani sekarang ini Rp 11.500 per kilogram dan bertahan sejak dua pekan lalu, sedangkan ikan nila dan patin Rp 10.000 per kilogram.

Ikan mas merupakan primadona dan ditanam oleh sebagian besar petani pembudidaya ikan di perairan waduk Jatiluhur itu.

Menurut Purnama, musim panen ikan di Jatiluhur sekarang ini mencapai puncaknya dengan produksi mencapai puluhan ton setiap hari. Akan tetapi, para petani tidak menikmati hasil panen yang melimpah tersebut lantaran harga ikan jatuh dan tidak seimbang dengan pengeluaran biaya terutama pengadaan pakan.

"Harga pakan terus melambung, sehingga petani tidak memperoleh keuntungan. Dihitung-hitung, ya..pas-pasan. Hanya tidak merugi," ucapnya.

Ia dan para petani lainya mengakui tidak mengetahui secara pasti anjloknya harga ikan mas di pasaran sekarang ini. "Mungkin saja anjloknya harga karena permainan bandar untuk mendapatkan keuntungan besar, di tengah melimpahnya produksi ikan," katanya.(ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar