Sabtu, 16 Juli 2011

Berita Pertanian : Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Melonjak

BEKASI. Harga eceran daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kota Bekasi, Jawa Barat, menjelang Ramadan mengalami kenaikan jadi Rp60 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp48 ribu hingga Rp50 ribu.

Seorang pedagang daging sapi di Pasar Baru Bekasi Timur, Nanang, 40, Sabtu (16/7) mengatakan, kenaikan itu terjadi secara berkala sejak dua pekan lalu dan diprediksi akan terus melonjak hingga perayaan Idul Fitri mendatang.

"Harga jual dasar daging sapi kotor (daging dan tulang) dari penyalur, awalnya Rp48 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram, kini menjadi Rp52 ribu per kilogram," katanya.

Sementara daging bersih, kata dia, harga dasarnya berada di kisaran Rp60 ribu per kilogram. Oleh pedagang eceran di pasar tradisional, daging murni dijual antara Rp70 ribu hingga Rp75 ribu per kilogram.

"Mendekati lebaran nanti, harga jualnya bisa Rp80 ribu per kilogram. Hal ini sesuai dengan situasi yang sama tahun sebelumnya" katanya.

Menurut Nanang, tingginya kenaikan harga daging karena permainan tengkulak atau penyalur relatif meningkat untuk menutupi kebutuhan masyarakat menjelang bulan puasa.

"Kalau peternak tidak mungkin menaikkan harga, karena mereka tidak tahu harga, yang bermain ini adalah kalangan penyalur," katanya. (ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar