Senin, 22 Agustus 2011

Tips Ampuh : Trik Simpan Ikan Lebih dari Semalam






IKAN termasuk jenis makanan laut menyehatkan. Namun bila Anda tak tahu cara menyimpan yang benar, ikan akan mudah busuk dan tidak bisa lagi dimanfaatkan.

Jika Anda membeli ikan di pasar tradisional atau pasar swalayan, lalu berniat menyimpannya semalaman, sangat penting untuk menjaga kualitas ikan sebelum dimasak. Bila Anda hanya menyimpannya di atas meja dapur tentu akan merusak ikan.

Kondisi ikan harus beku sebelum Anda mencucinya. Kalau perlu masukkan ke kulkas. Dan sebelum menyimpannya di kulkas, perhatikan beberapa tip berikut, seperti dilansir Ehow:
  • Cuci ikan menggunakan air dingin di bawah keran lalu tepuk-tepuk dengan tangan untuk mengeringkan sisa air pada ikan. Keringkan dengan kertas. Jangan pernah menyimpan ikan yang belum dicuci bersih karena bakteri yang ada akan menyebabkan ikan mudah rusak
  • Ambil selembar kertas lilin. Taruhlah selembar kertas lilin pada ikan, lalu bungkus rapat ikan. Jika menyimpan beberapa potong ikan, tumpuklah lapisan demi lapisan, akan tetapi jangan menyatukan dengan yang telah dilapisi kertas lilin tadi. Ketika semua ikan sudah diletakkan di atas piring, baru kemudian Anda bungkus dengan selembar kertas lilin di sekitar piring.
  • Tempatkan ikan di kulkas pada rak bawah. Ikan segar paling baik digunakan sesegera mungkin setelah dibeli.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar