Rabu, 10 Agustus 2011

Tips Ampuh : Kelapa Berkhasiat untuk Ibu Hamil











Kelapa yang menjadi simbol bagi pramuka memang tidak diragukan lagi manfaatnya. Dari batang yang bisa digunakan sebagai papan untuk bangunan, tulang daunnya untuk sapu lidi, dan nyiurnya yang kerap dijadikan hiasan pada pesta perkawinan. Belum lagi buah yang isi dan airnya dengan segudang khasiat.

Di desa-desa di Indonesia, tak jarang kita menemui ibu hamil yang diharuskan mengonsumsi air kelapa muda pada saat hamil tua. Selain zat-zat yang secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat, juga terdapat khasiat lain sebagaimana yang telah dikutip dari beberapa sumber, di antaranya:

1. Elektrolit Alami

Air kelapa muda kaya kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema, dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

2. Diuretik Alami

Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih yang juga cukup umum terjadi pada wanita hamil.

3. Anti-Penyakit

Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik antijamur, antibakteri, dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia serta bakteri klamidia, dan heliokobater.

4. Membantu Pencernaan

Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan.

5. Meningkatkan HDL

Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset, dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar