Jakarta. Menteri Pertanian Suswono mengatakan target produksi nasional gabah kering giling sebesar 70,6 juta ton pada 2011 masih belum terganggu oleh iklim dan cuaca yang mulai memasuki musim kemarau.

"Dari target produksi saat ini belum ada gangguan, dalam arti target mudah-mudahan malah dengan adanya musim kering ini daerah-daerah rawa lebak ini sekarang menjadi potensi sawah baru," ujarnya di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan dengan adanya rawa lebak menjadi lahan sawah baru hingga 300.000 hektar maka diperkirakan produksi beras dapat lebih ditingkatkan.

"Oleh karena itu, kita akan kejar di MK (musim kemarau) 1-2 ini untuk mengejar kekurangan yang masih sekitar dua juta ton Gabah Kering Giling," kata Suswono.

Saat ini Kementerian Pertanian sedang melakukan inventarisasi terhadap daerah-daerah yang mengalami kekeringan untuk mendapat data yang pasti soal kekeringan di daerah.

"Kalau memang itu sudah betul-betul nyata kekeringan itu ada, dan potensi sumber-sumber airnya masih ada, tentu kita manfaatkan, akan kita optimalkan pompanisasi," ujarnya.

Selain pompanisasi, ia menambahkan optimalisasi sumber-sumber air bisa dilakukan dengan membuat sumur-sumur artesis untuk keperluan irigasi.