Minggu, 28 Agustus 2011

Rempah Masakan Indonesia Kalahkan Penyakit

BERUNTUNGLAH kita yang terbiasa menyantap sajian Nusantara yang kaya bumbu. Sebab, bumbu ternyata dapat membantu kita mengendalikan atau mengalahkan beberapa jenis penyakit lho.

Meski telah familiar, kekuatan bumbu memang tak dapat dibaikan, Lihat saja Beyonce yang rela menlajani program detoksifikasi dengan cabai rawit. Lebih lanjut, studi terbaru oleh peneliti di Penn State University mengatakan bahwa campuran kayu manis, kunyit, oregano, rosemary, bawang putih, dan paprika mengurangi tingkat insulin dan trigliserida.

Aktivitas antioksidan pun ditemukan lebih tinggi pada tubuh mereka yang keram memakan bumbu-bumbuan itu. Ini tentunya menunjukkan bahwa rempah-rempah ini memiliki sifat antioksidan menguntungkan kesehatan karena mengurangi kemungkinan penyakit kronis. Maka itu, tak mengherankan banyak dokter di dunia yang menyarankan bahwa penggunaan rempah-rempah dalam makanan sehari-hari.

Apalagi di Indonesia, hampir semua sajiannya diolah menggunakan banyak rempah. Tapi tetap saja semua harus dikonsumsi secara moderat dan pilihan yang benar-benar menyehatkan. Bukannya membuat sehat, makan terlalu banyak cabai justru mungkin mengganggu sistem pencernaan kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar