Rabu, 10 Agustus 2011

Berita Pertanian : Pupuk Organik NPK Plus "Daunic" Berhasil Meningkatkan Hasil Produksi Bunga














Tanah Karo. Pupuk Organik NPK Plus "Daunic" memang baru sekitar empat bulan memasuki pemasaran pupuk di Kabupaten Karo dan sebagian besar petani Karo belum mengenal merk pupuk NPK organik tersebut.

PT. Buana Mitra Lestari sebagai agen tunggal di Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Karo masih membuat lahan percobaan di beberapa titik lokasi pertanian Tanah Karo disamping juga memasarkan pupuk NPK Plus "Daunic" ini, dikatakan Ricky Peranginangin, STP sebagai Field Agronomis PT. BML.

Beberapa demplot atau lahan percobaan yang sudah ada menunjukkan akan keberhasilan pemakaian pupuk Daunic ini karena telah menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Dari umur tanaman 15 hari sampai 40 hari setelah tanam sudah menunjukkan pertumbuhan tanaman memuaskan, itu dapat dilihat dari akar, batang, daun tanaman yang lebih baik dengan penggunaan pupuk Daunic daripada tanaman yang menggunakan pupuk lain, katanya, Selasa 9/08-2011.

Hasil panennya juga lebih tinggi produksinya seperti tanaman kentang, kol , bunga dan jeruk yang dapat dilihat dan ditanyakan pada petani pemilik lahan demplot dan petani pengguna pupuk Daunic ini. Dan masih banyak demplot yang baru dibuat di beberapa daerah di kabupaten Karo yang menyebar di setiap jalaj utama lintas kecamatan Karo, demikian dikatakannya.

Demikian juga ditambahkan Ibu beru Depari ketika dijumpai di kebun bunganya di sekitar Simpang Kopri Jalan Berastagi-Kabanjahe, bunga ini menghasilkan batang, daun dan bunga yang besarnya dua kali lipat dari sebelum dia memakai pupuk Daunic ini.

"Yang penting saya panen bunga jauh lebih meningkat setelah pakai pupuk organik Daunic ini. Jumlah bunga yang saya panen dua kali lipat banyaknya dan besar bunganya jauh lebih besar sehingga keuntungan panen saya jauh meningkat. Padahal dosis pemupukannya tidak tinggi dan modal pupuk saya lebih rendah dari sebelumnya, ujar Bu Depari yang telah berhasil menggunakan pupuk Organik NPK Plus "Daunic" ini (Rabu,10/08-2011).

Begitu juga dikatakan Bapak Sitepu, petani Desa Naman yang berhasil meningkatkan produksi tanaman kentangnya, " Pas saat kentang mahal, panen kentang saya meningkat setelah pakai pupuk ini, padahal saat mulai tanam sampai panen musim kemarau, hanya sekali hujan itupun tak deras".



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar