Jumat, 26 Agustus 2011

Pemerintah Jamin Stok Daging Cukup













BREBES.
Menteri Pertanian Suswono mengatakan stok daging sapi untuk keperluan Lebaran masih cukup.

"Untuk kebutuhan Lebaran ini sudah tercukupi baik," kata Suswono, saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyoni dalam Safari Ramadan di Brebes, Jawa Tengah, Jumat (26/8).

Suswono menjelaskan hasil sensus ternak menunjukkan jumlah sapi potong di Tanah Air mencapai 14,8 juta ekor pada Juni 2011.

Menurut dia, kebutuhan daging tidak hanya dipenuhi dari produksi dalam negeri. Pemerintah tetap melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan daging.

Namun, impor daging itu sifatnya hanya menambah, atau hanya 30 persen.

"Impor 30 persen. Untuk kebutuhan Lebaran ini sudah tercukupi baik dari dalam yang 70 persen atau yang 30 persen dari luar," katanya.

Suswono optimistis Indonesia akan mencapai swasembada daging karena produksi daging dalam negeri terus meningkat atau lebih besar dari jumlah daging impor.

"Kita sekarang sedang kaji apakah setiap tahun bisa dipotong 2,5 juta ekor. Kalau bisa, sudah tercukupi swasembada itu," katanya.

Terkait sapi impor, Suswono menjelaskan ada sekitar 3.000 sapi bakalan yang akan didatangkan dari Australia. Namun, Suswono belum mendapat laporan yang rinci tentang hal itu.

"Menurut informasi, tapi saya belum dapat laporan, artinya yang siap dikapalkan 3.000 ekor," katanya.(ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar