Rabu, 03 Agustus 2011

Berita Pertanian : 300.000 Ha Rawa Bisa Ditanami

Jakarta. Menteri Pertanian Suswono mengungkapkan bahwa lahan rawa seluas 300 ribu ha dapat ditanami padi selama musim kemarau tahun 2011 ini. "Pada musim kemarau ini, ada potensi rawa yang totalnya 300 ribu ha sebetulnya bisa ditanami," kata Menteri Pertanian Suswono usai rapat koordinasi rekonstruksi kawasan Merapi di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Selasa (2/8).

Menteri Pertanian Suswono menyebutkan, musim kemarau tahun 2011 berbeda dengan tahun 2010. Musim kemarau 2010 masih ditandai dengan adanya hujan sehingga sebagian besar rawa tidak bisa ditanami.

Mentan menyebutkan, sejumlah provinsi memiliki lahan rawa yang dapat ditanami padi seperti di Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan.

Sementara itu untuk mengatasi musim kemarau di sawah khususnya sawah tadah hujan, Mentan mengatakan, akan diupayakan mengatasinya dengan dilakukannya pemanfatan pompa-pompa secara maksimal atau melakukan pompanisasi. "Di daerah-daerah yang sudah mulai kekeringan tapi ada sumber air, akan dilakukan pompanisasi," tegasnya.

Sementara itu mengenai impor bawang putih, Mentan mengatakan, impor semata-mata untuk menutup kekurangan pasokan di dalam negeri. "Kita pada dasarnya sepanjang masih ada komoditas yang dibutuhkan dan masih kurang ya kita impor. tapi sekali lagi impor hanya untuk menutupi kekurangan," katanya.

Mentan mengaku bahwa produksi bawang putih hingga saat ini masih kurang sehingga masih memerlukan bawang putih impor. "Ya masih ada kekurangan, makanya kita impor, tapi yang penting jangan ada penyelundupan," katanya. (ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar