Rabu, 03 Agustus 2011

Berita Pertanian : Karang Taruna Tanam 1.000 Pohon Pepaya di Simalungun

Simalungun. Karang Taruna Nagori Bahung Huluan Kecamatan Dolok Batu Nanggar, akhir pekan lalu bersama aparat nagori menanam 1000 pohon papaya di Kecamatan Dolok Batunanggar, Simalungun. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatan pendapatan masyarakat.

Kepada wartawan, Rabu (3/8), Pembina Karang Taruna Nagori Bahung Huluan, Irwanto SSos, mengatakan bahwa tujuan penanaman pohon pepaya ini untuk memberdayakan Karang Taruna yang ada di Nagorinya. Program ini juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memanfaatkan lahan perkarangan yang kurang bermanfaat.

Menurut Irwanto, selama ini banyak lahan yang kurang bermanfaat. Dengan adanya bibit papaya sebanyak 1000 ini bisa menambah pendapatan Karang Taruna. Sekarang ini masih tahap penanaman dan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat tumbuh dengan baik.

“Harapan saya, dengan memberdayakan Karang Taruna, kegiatan di Nagori bisa lebih hidup dan bermanfaat. Nantinya saat warga panen buah papaya, hasilnya akan ditampung oleh Karang Taruna. Begitu juga dengan penjualannya warga tidak perlu khawatir dan Karang Taruna sendiri bisa mendapatkan uang kas, imbuhnya.

Dijelaskan Irwanto, bahwa di Kabupaten Simalungun potensi pepaya masih terlalu minim. Dengan diadakannya penanaman pepaya ada dua hal pemanfaatnya yakni, pemanfaatan biji, dan nilai ekonomis untuk pemasukan kas kepada Karang Taruna.

Menurut Irwanto, banyak organisasi yang muncul yang tidak memiliki kas, dan ini adalah sebuah rangsangan kepada Karang Taruna untuk dapat berkesinambungan dan menimbulkan kemandirian, karena saat ini para pemuda cenderung kepada hal yang negatif.

Ketua Karang Taruna Nagori Bahung Huluan, Abdi Suhandri, mengaku siap melaksanakan program dari Pemerintah Desa kepada masyarakat. Dengan demikian ia berharap dengan penanaman pohon papaya Jingga, masyarakat bisa meningkatkan pendapatan dan Karang Taruna bisa mendapatkan uang kas untuk melaksanakan kegiatan lainnya. “Kami sangat mendukung program dari Pemerintah Nagori dan ini yang telah lama kami tunggu-tunggu”. Selama ini, karang taruna di Nagori Bahung Huluan cukup banyak kegiatannya dan menyimpan segudang prestasi.

Mudah-mudahan dengan dorongan dari Pemerintah Nagori, apa yang diharapkan bisa tercapai,” ujar Abdi.

Pangulu Nagori Bahung Huluan Yeswardi dalam sambutannya, mengatakan bahwa pihaknya sebagai pemerintah Nagori siap untuk memberikan dukungan kepada Karang Taruna, apalagi untuk memajukan pemerintahan Nagori. “Mari bersama kita benahi Nagori kita. Dan penanaman pohon pepaya Jingga ini bias jadi salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat” ujar Yeswardi.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Nagori Bahung Huluan, Juremi SPd, mengatakan bahwa kegiatan budidaya papaya adalah merupakan suatu upaya untuk mempersatukan generasi muda secara umum. Sejauh ini belum ada yang dilakukan, dengan demikian bersyukurlah kita dapat menyatu dalam sebuah wadah yang namanya Karang Taruna, katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar